Antiribet, Begini Cara Simpel Merawat Sepeda Motor Listrik

Cara ngecas baterai motor listrik (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Populasi sepeda motor listrik di Indonesia kian bertambah, seiring dengan banyaknya juga produsen otomotif yang meluncurkan motor bertenaga listrik. Tapi muncul pertanyaan tentang bagaimana cara merawatnya dan apalah lebih rumit disbanding motor bermesin konvesional.

Ternyata melakukan perawatan motor listrik tidak rumit. Justru diklaim simple dan mudah dibandingkan motor berbahan bakar minyak (BBM).

“Kalau menurut saya dan banyak pengguna motor listrik lainnya, dalam hal perawatan sangat mudah,” ungkap Junardi Hwangshuwei salah satu anggota komunitas sepeda motor listrik (Kosmik) Indonesia belum lama ini di Jakarta.

Dia mencontohkan dalam melakukan perawatan baterai. Apabila baterai tidak dipasang di motor listrik, bahkan jika disimpan dua bulan, tegangan diamnya tidak akan lebih rendah dari 12,90V.

Akan tetapi, jika tidak dipakai, baterai motor listrik ada baiknya dicabut dari motor. Sebab, posisi standby motor listrik yang umumnya memiliki alarm juga tetap menyedot listrik meskipun kecil.

Namun dia memberikan tips, yakni sebelum baterai dicabut, harus diisi atau dicas terlebih dahulu sampai penuh. Baterai model Sealed Lead Acid (SLA) atau Lithium sama saja, bila hendak lama tidak dipakai wajib hukumnya untuk dicas sampai baterainya terisi penuh.

“Untuk penyimpanan jangka panjang baterai motor listrik juga tetap harus dicas setidaknya setiap dua bulan sekali. Jika baterai tidak dicabut dari motor, harus diisi penuh dan dicas setiap satu minggu atau dua minggu sekali,” tutur Junardi yang juga pemerhati motor listrik.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )