Jangan Malas, Sehabis Hujan Mobil Harus Langsung Dibilas

Ilustrasi Mencuci Mobil (ist)

JAKARTA, AVOLTA –  Salah satu kebiasaan buruk pemilik mobil di musim hujan seperti sekarang ini, yaitu malas mencuci atau membilas usai kena air hujan. Biasanya setelah sampai di rumah langsung di parkir ke garasi.

Padahal sebaiknya bodi mobil tersebut harus dibilas menggunakan air yang ada di rumah. Prosesnya setelah itu dilap sampai kering kemudian di parkir di tempat yang tidak kena air hujan lagi.

Apabila keseringan tidak dibilas, menurut Yuly Kridiawan, kepala Bengkel Bodi & Cat Auto2000 Sunter lama kelamaan kualitas cat akan berkurang atau pudar. Selain itu, cepat timbul jamur di bagian kaca yang akan menggangu visibilitas mengemudi.

“Jadi harus langsung dibilas, kalua bisa dicuci seperti biasa di rumah, lalu dikeringkan lagi. Cara itu akan membuat awet cat mobil,” ungkap Yuly saat dihubungi belum lama ini.

Ilustrasi mencuci mobil dari Wuling Motors. (Wuling)

Yuly melanjutkan, air hujan mempunyai sifat yang kurang bersahabat untuk komponen kaca dan bodi mobil. Pada intinya jangan sampai air tersebut mengering dan didiamkan dalam waktu berhari-hari.

“Kondisi seperti itu yang menjadikan kaca mobil cepat berjamur dan warna cat mobil menjadi kusam,” tutur dia.

Ketika proses mengeringkan, kata Yuly harus sampai ke bagian-bagian yang jarang dilap seperti sela bagasi, sela pintu, bawah kap mesin, hingga bagian bawah pintu. Di bagian bawah kaca depan usahakan juga dilap hingga kering agar air tidak masuk ke bagian mesin.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )