Habis Liburan, Ada Cairan Mobil yang Harus Dicek

Dipstick Oil

Ilustrasi mengecek kondisi volume oli mesin. ist

JAKARTA, AVOLTA – Rutinitas yang banyak dilakukan masyarakat di akhir tahun, yaitu pergi ke luar kota menggunakan mobil pribadi. Tujuannya untuk berlibur, hingga pulang ke kampung halaman merayakan libur Natal dan Tahun Baru.

Tentunya jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut sudah jelas ratusan kilometer. Jadi setelah tiba di rumah lagi, harus ada pengecekan komponen, agar kondisi mobil tetap prima.

Paling penting, bagian yang harus dicek kembali, yaitu soal cairan. Sebab, banyak pemilik mobil yang kurang peduli dan kebanyakan tidak dicek ulang padahal perannya begitu penting.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman menjelaskan, cairan yang wajib dicek ada empat dan semuanya merupakan pendukung kerja komponen, secara fungsi tidak bisa diabaikan.

“Jadi cairan yang wajib diperiksa seperti oli mesin, minyak rem, air radiator, dan wiper. Semua bisa dipantau sendiri tanpa harus ke bengkel, bila memang sudah berkurang sebaiknya ditambah saja sesuai dengan ketentuan,” ujar Suparman di Jakarta belum lama ini.

Proses pengecekannya juga begitu sederhana, yaitu bisa dilakukan dengan melihat volume oli mesin dari mobil yang telah digunakan menempuh ribuan kilometer (km). Pemilik mobil hanya melihat dari dipstik atau tongkat takaran oli yang ada di ruang mesin.

Selanjutnya jika posisinya masih di tengah-tengah antara E (empty) dan F (full) berarti kondisinya normal, dan tidak usah ditambahkan. Akan tetapi, jika berkurang maka pemilik mobil wajin menambah dan usahakan jangan melebihi batas maksimum.

Cairan selanjutnya yang harus di cek, yaitu kondisi cairan radiator. Lihat kondisi reservoir atau wadah penampungannya. Jika sudah berkurang, amannya langsung ditambah, namun usahakan untuk menggunakan cairan khusus radiator bukan sekedar air mineral karena akan berpengaruh pada performa dari radiator itu sendiri.

Terakhir, cek cairan pada sistem pengereman. Banyak pemilik mobil yang tidak pernah mengganti minyak rem saat melakukan perawatan berkala. Padahal perannya begitu penting, untuk keamanan dan keselamatan, jadi sebaiknya di cek ulang dan pastikan semuanya dalam kondisi atau posisi normal.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )