BMW M 1000 RR Meluncur, Motor Flagship Harga Rp1,6 Miliar

BMW M 1000 RR (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – BMW Motorrad kembali menghadirkan motor flagship terbaru di Indonesia, M 1000 RR.

Motor asal Jerman ini memiliki tenaga dan torsi puncak yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, karena sektor performa menjadi fokus dalam mengembangkan kendaraan inis ehingga menyerupai roda dua dengan spesifikasi balap.

BMW M 1000 RR ini memiliki harga yang cukup fantastis,  Rp1,6 miliar di luar pajak alias off the road.

Mengadopsi nama M, model ini secara tampilan mengadopsi motor superbike dengan spesifikasi mesin yang serupa untuk unit yang digunakan di ajang WorldSBK dan BSB.

“Performa yang jauh lebih besar serta komponen yang dirancang khusus untuk aplikasi di lintasan balap, menjadi interprestasi BMW dalam menghadirkan model terkuat di jajaran BMW Motorrad,” tulis BMW Motorrad dalam keterangan resminya.

Motor ini dibekali mesin berbasis versi RR, yaitu 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor motor ini hanya 192 kg. Dengan konfigurasi tersebut output mencapai 212 Tk pada 14.500 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 11.000 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston 2-ring terbaru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5 dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake dengan sistem knalpot yang ringan terbuat dari titanium.

BMW M 1000 RR 2 (Ist)

Sasis Baru

BMW M 1000 RR mengadopsi sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sasis ini begitu serasi dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.

Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro. Fokus utama dari desain sasis ini untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.

Dengan tenaga yang luar biasa, tidak lupa motor dilengkapi sistem pengreman rancangan divisi M, yang didasari pengalaman di ajang World Superbike Championship Secara umum, kaliper rem M memiliki lapisan anodisasi biru yang dikombinasikan dengan logo M. Dengan pelek berbahan karbon M, tentunya kemampuan saat melahap permukaan aspal semakin mumpuni, namun tetap ringan baik di trek balap maupun jalan raya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )