VW T-Cross Ganggu Dominasi Raize-Rocky di Indonesia

Volkswagen mencoba mencicipi pasar SUV segmen A di Indonesia dengan T-Cross. (VW)

JAKARTA, AVOLTA – Dominasi pasar Sport Utility Vehicle (SUV) kompak pada Januari 2022 dipegang si kembar, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bulan lalu Raize berdasarkan data wholesales Gaikindo, terjual 1.680 unit, sedangkan Rocky 516 unit.

Mulai Februari 2022 ini, segmen SUV kompak akan kedatangan pesaing baru, yaitu Volkswagen (VW) T-Cross yang bakal diluncurkan Rabu 23 Februari ini. Model ini selain bakal menggangu Raize-Rocky, juga merek lain seperti Nissan Magnite, Renault Kiger, dan Kia Sonet.

Informasi peluncuran VW T-Cross ini sebelumnya sudah terdengar beberapa waktu lalu, Ketika Head of Sales PT Garuda Mataram Motor (GMM) Ahmad Badawi mengatakan bahwa awal tahun 2022 akan meluncurkan satu produk baru yang berada di bawah Tiguan.

“Awal 2022 akan meluncurkan satu produk baru dan akan menjadi unggulan, bahwa bisa menjadi alternatif pilihan SUV di Indonesia,” ucap Ahmad beberapa waktu lalu di Jakarta.

VW T-Cross mencoba ganggu pasar Raize dan Rocky di Indonesia. (VW)

Spesifikasi T-Cross juga sebelumnya sudah bocor di Permendagri Nomor 40 Tahun 2021, di mana SUV kompak ini bakal menggendong mesin bensin 3-silinder berkapasitas 1.0-liter turbocharger TSi.

Mesin tersebut di atas kertas diklaim memiliki tenaga 113 dk dan torsi 200 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke 2 roda depan melalui transmisi otomatik 7-percepatan dengan kopling ganda.

Suasana kabin VW T-Cross setir kanan untuk pasar Inggris. (VW)

Begitu juga secara tampilan, Volkswagen T-Cross memiliki 3 tampilan yang berbeda. Ada versi Eropa, versi Amerika Latin, dan versi China. Ketiga versi tampilan ini memiliki karakter dan ciri khas desain grille yang berbeda-beda.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )