Toyota Baby FJ Cruiser EV Muncul, Mengundang Segudang Spekulasi

Tokyo, AVOLTA – Waktu bos Toyota Motor Company (TMC) Akio Toyota menyampaikan presentasi rencana menggenjot penjualan mobil listrik di pasar global, Selasa (14/12/2021). Pada pengumuman itu, Toyota punya target bakal melepas total 30 unit mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) ke pasar hingga 2030.

Dari total 30 unit, Akio juga memamerkan belasan model BEV yang sudah siap dipasarkan dalam waktu dekat. Dari seluruh model ini, salah satu yang mengundang perhatian kami adalah model konsep Compact Cruiser EV berkelir biru muda. 

Tentu saja, model berjuluk baby FJ Cruiser muncul sekaligus mengundang segudang spekulasi. Salah satunya, generasi penerus FJ Cruiser. 

Tapi, ada perbedaan mendasar pada calon mobil baru ini, yaitu dimensi bodi yang lebih kompak dari keluarga FJ Cruiser sebelumnya dan teknologi BEV yang benar-benar baru pada kendaraan penakluk segala medan Toyota ini.

Model konsep Toyota FT-4X jadi desain awal Compact Cruiser EV. (IST)

Dari penelusuran AVOLTA, Compact Cruiser EV ini lahir berdasarkan pengembangan konsep FT-4X yang pernah melantai di pameran New York Auto Show 2017. Memang dimensi bodi mobil konsep ini lebih setara dengan FJ Cruiser sebelumnya yang besar, tapi wujudnya terlihat masih sangat mentah. 

Ibarat model konsep yang punya desain jauh dari wujud asli seperti apa nantinya ketika masuk ranah produksi massal.  

Nah, sama sekali berbeda kesannya dengan kemunculan Compact Cruiser EV ini. Tampilannya sudah lebih nyata bahkan ada yang bilang mirip dengan Ford Bronco yang sudah lebih dulu dipasarkan. Sebagian bilang, dimensinya jadi mirip Jeep Compass, ada juga yang mengatakan ukurannya lebih besar sedikit ketimbang Suzuki Jimny yang sensasional karena laris di seluruh dunia.

Toyota Compact Cruiser EV pertama kali diperkenalkan. (TOYOTA)

Informasi yang tersedia saat ini, baby FJ Cruiser ini dikembangkan menggunakan platform baru, TNGA. Juga bakal menggunakan teknologi baterai terbaru Toyota Solid State yang diklaim lebih tangguh, tapi agak mahal.

Bahas sedikit tampilanya, Compact Cruiser EV ini punya desain yang boxy, khas keluarga FJ Cruiser. Salah satu indikasi kuat mobil ini bakal jadi penerus FJ Cruiser adalah logo TOYOTA yang ada di gril depan. Hanya model FJ Cruiser yang menggunakan logo ini dalam histori model Toyota yang terkait model 4×4.

Untuk detail desain lainnya, simak penjelasan Youtube FJX2000 Production yang cukup lengkap ulasannya, berikut ini!

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )