Generasi Baru Kia Carens Berusaha Ganti Status 

Generasi terbaru Kia Carens meluncur di India, dengan status RV. (Kia India)

Delhi, AVOLTA – Generasi terbaru Kia Carens akhirnya meluncur di India, (16/12/2021) lalu. Paling mencolok adalah upaya merek Korea Selatan ini mengubah status Carens lawas dari kendaraan multi guna (MPV) jadi kendaraan rekreasional, atau lazim disebut Recreational Vehicle (RV).

Penjelasan sederhananya, tampilannya jadi mirip ke-SUV-an duniawi lah. Sejak pertama kali meluncur ke dunia di 1999, kini Kia Carens sudah memasuki generasi keempat. 

Mobil baru yang diproduksi di pabrik  Anantpur, Andhra Pradesh, India ini, punya rentang varian mesin yang cukup beragam, mulai 1.5 liter bensin (115 hp/144 Nm), 1.4 turbo (140 hp/242 Nm) , dan diesel 1.5 liter (115 hp/250 Nm).

Tampilannya juga berubah total. Desain tiger nose kebanggaan Kia yang masih pakai emblem lama sudah dihapus total.

Wajah Carens baru kini terasa jauh lebih futuristik, dengan gril memanjang dan sepasang DRL LED di kedua sisi menyerupai alis tipis. Bawahnya, ada tiga titik lampu sejajar LED, juga sepasang lampu kabut di sisi dalam ujung bemper depan. Aksen krom lumayan banyak menempel pada Carens ini, mulai dari gril, bemper, hendel pintu, sampai difuser belakang.

Tapmilannya seperti SUV, tapi sejatinya LMPV. (KIA India)

Mobil baru ini sudah dilengkapi rem cakram di depan dan belakang, dengan pelek 16 inci alloy palang lima dengan aksen two-tone. Pada atap ada sunroof dan roof rail mengambang layaknya mobil modern, dan tentu saja antena sirip hiu.

Belakang, sudah dilengkapi spoiler atas, head-mount stop lamp, dan desain lampu belakang yang menyatu, tak terputus di kedua sisi dengan reflektor. 

Kia memasarkan Carens dengan konfigurasi 6 dan 7 penumpang, dengan captain seat di baris kedua sebagai pembeda. 

Suasana interior generasi baru Kia Carens. (Kia-India)

Pada kabin, dilengkapi fitur-fitur penunjang kenyamanan, mulai dari instrumen digital, lampu lampu ambient 64 warna, pusat hiburan layar sentuh 10 inci, AC dengan kontrol iklim otomatis, plus speaker premium dari Bose.

Selain itu, Carens akan menampilkan tiga pilihan mode berkendara, yaitu Sports, Eco, dan Normal. Untuk keselamatan, semua varian akan dilengkapi dengan enam airbag, ESC, brake assist, vehicle stability management (VSM), hill-assist control (HAC), downhill brake control (DBC), sensor parkir depan serta pemantau tekanan ban. 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )