Lebih dekat dengan Toyota Raize

Harga Toyota Raize Mulai Rp 219 Juta, Tenggak Bensin 18 Kpl

Toyota Raize, salah satu mobil terlaris di Jepang saat ini, meluncur di Indonesia. Dok TAM

Jakarta, Avolta – Toyota akhirnya resmi meluncurkan sport utility vehicle (SUV) kompak di segmen A, Raize, Jumat (30/4/2021), via konferensi virtual di sosial media.

Mobil terlaris di Jepang, Raize, di Indonesia dijual dalam dua pilihan mesin, yakni 1.0 turbo dan 1.2 liter. Tapi, untuk peluncuran pertama Toyota masih hanya menjual Raize 1.0 liter turbo, dengan banderol Rp219,9 juta – Rp265,9 juta on the road Jakarta.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Raize menyasar pada milennial. Para anak muda yang baru menikah punya keluarga kecil atau sebagai mobil kedua bagi yang lain.

Raize dibekali mesin 1.0 liter tiga silinder, menghasilkan tenaga 96,6 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi hingga 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Baca juga: Mobil Listrik Tesla Laris Manis Ketika Merek Lain Lagi Pusing

Mesin Toyota Raize-dok.TAM_

Seperti layaknya mobil berukuran kompak lain, Raize juga meawarkan efisiensi bahan bakar sebagai salah satu unggulan, di samping fitur-fitur canggih.

Kata Anton, hasil pengetesan yang dilakukan di internal Toyota, konsumsi bahan bakar (BBM) mobil ini per 100 km hanya sekitar 5,6 liter.

“Ini untuk kondisinya variasi ya luar kota dalam kota, kombinasi ya. Kalau diconvert (dikonversi) itu 17,8-18 kilometer per liter (kpl),” kata Anton, saat peluncuran.

Apa yang diungkapkan masuk akal. Pasalnya, secara teori – dengan mesin mengusung mesin berkapasitas kecil (hanya 1.0 liter) maka bobot mobil juga lebih ringan.

Walhasil konsumsi bahan bakar juga lebih hemat. Terlebih, penggunaan peranti turbo akan menyebabkan konsumsi BBM oleh mesin akan lebih hemat – untuk mesin berbahan bakar bensin – hingga 20%.

Lincah, stylish, berperforma, plus harga terjangkau menjadi Toyota Raize sebagi SUV yang pas bagi kalangan usia muda – dok.TAM

Toyota Raize punya bodi kompak, muat 5 penumpang, dengan dimensi  panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Selain konsumsi BBM yang relatif irit, fitur canggih yang ditawarkan oleh Raize juga cukup beragam. Mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, hingga immobilizer.

Toyota Raize – dok.TAM

Bahkan untuk tipe tertinggi dilengkapi Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Dengan serangkaian keunggulan ini, TAM berani mematok target, Raize varian ini bisa terjual 2.000 unit saban bulannya. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )