Motor Listrik Indonesia Sudah Tembus Pasar ASEAN

Motor listrik Greentech produksi lokal Indonesia. (Blibli.com)

JAKARTA, AVOLTA – Geliat motor listrik di Indonesia, memang tidak setinggi mobil listrik. Namun, berbagai merek roda dua bertenaga baterai ini, sudah banyak bermunculan di pasar Tanah Air, termasuk yang sudah diproduksi lokal.

Dijelaskan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), Budi Setiyadi Indonesia memiliki potensi besar sebagai pusat sepeda motor listrik.

“Itu bisa dibuktikan (potensi besar motor listrik di Indoensia) sejak 2019 hingga sekarang, sudah ada 40 pabrik sepeda motor listrik di Indoensia,” jelas Budi, dalam keterangan resmi disitat dari CNBC, Senin (6/5/2024).

Lanjut Budi, bahkan sudah ada beberapa merek motor listrik yang diproduksi di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Untuk produk motor listrik yang memang sudah diekspor, antara lain Ebendly dan Greentech 7.

Sebanyak 17.000 unit kedua motor listrik tersebut sudah diekspor ke Kamboja.

Kedua prinsipal yakni Global EV, Co., Ltd (Kamboja) dan Greentech EV Sdn, Bhd, (Malaysia-Filipina) sudah menandatangani kontrak dengan PT KKBrothers Energi Terbarukan dalam proses ekspor ini.

“Secara perdana kita mulai secara soft awal sebelum Idul Fitri atau awal April 2024 kemarin. Kita mulai ekspor perdana dan ini akan terus berlanjut, berkembang,” ujar Komisaris Utama PT KKBrothers Energi Terbarukan Milton Pakpahan, dalam kesempatan yang sama.

Setelah ASEAN, pabrikan juga mengincar pasar Afrika serta negara-negara lain yang permintaan sepeda motor listriknya cukup tinggi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )