Subsidi Motor Listrik Masih Seret Awal 2024

Polytron Punya Motor Listrik Murah Fox-S Rp 9 Jutaan (Detik.com)

JAKARTA, AVOLTA – Mengacu dari data sisapira.id, total penyaluran subsidi sepeda motor listrik kuota tahun ini, per 22 April 2024, baru mencapai angka 11.563 unit. Secara keseluruhan, sudah melampaui 11.532 unit motor listrik yang tersalurkan sepanjang tahun 2023.

Akan tetapi hasil tersebut masih belum maksimal, atau pemberian subsidi dari pemerintah tidak diserap dengan baik oleh masyarakat.

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko pun mengakui kalau penyerapannya tidak maksimal.

Meski demikian, subsidi motor listrik Rp 7 juta yang diberikan pemerintah sudah cukup bagus. Namun, regulasi tidak serta merta membuat populasi motor listrik semakin meningkat.

Menurut Moeldoko, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, terutama isu yang saat ini belum dipecahkan seperti tarikan dari unit motor listrik masih kurang dibandingkan teknologi internal combustion engine (ICE), jarak tempuh masih terlampau dekat, hingga pengisian daya yang terbilang lama.

“Isu-isu ini yang nanti lambat laun akan terpecahkan secara alamiah. Ke depan pastinya charging lebih cepat, jaraknya lebih jauh, dan harganya lebih murah,” ujar Moeldoko belum lama ini di Jakarta.

Moeldoko optimistis kalau ke depannya penyerapan subsidi motor listrik dari pemerintah ini akan jauh lebih baik seiring dengan kondisi masyarakat yang terbiasa menggunakan motor listrik untuk beragam aktivitas.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )