Bertemu PM Meloni, Jokowi Ajak Italia Investasi EV

Presiden Jokowi dan PM Meloni Bahas Kerja Sama dan Investasi Indonesia-Italia (ist)

NEW DELHI, AVOLTA – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Italia, Giorgia Meloni membahas sejumlah kerja sama dan investasi Negeri Pizza di Indonesia. Pertemuan tersebut, digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Minggu (10/9/2023).

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Jokowi menyambut baik peningkatan investasi Italia ke Indonesia. “Saya sambut baik peningkatan investasi Italia dan peresmian pabrik Piaggio tahun lalu,” ujar Jokowi.

Lanjut Jokowi, juga menyampaikan apresiasi atas komitmen Italia dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP). Bahkan, mantan Walikota Solo ini, berharap komitmen tersebut dapat segera diwujudkan dalam waktu dekat.

“Saya harap komitmen segera diimplementasikan karena dukungan mobilisasi pendanaan adalah elemen penting transisi energi,” tambah Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengundang Italia untuk terlibat dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, dan infrastruktur hijau.

“Saya juga undang Italia untuk kembangkan ekosistem EV, infrastruktur hijau, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” tegasnya.

Sebagai informasi, Piaggio sendiri sebagai pabrikan Italia telah membangun fasilitas perakitan seluas 6 hektar, di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik perakitan yang pada tahap awal akan digunakan untuk merakit Vespa LX 125 ini, menelan investasi sebesar US$ 20 juta atau setara dengan Rp 314 miliar. Pabrik Piaggio di Indonesia ini, merupakan fasilitas ketiga yang beroperasi di Asia Pasifik setelah Vinh Phuc (Vietnam) dan Foshan (Cina).

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )