Tesla Mulai Pakai Baterai dari BYD untuk Model Y

JAKARTA, AVOLTA – Tesla Inc menginformasikan bahwa telah menggunakan baterai dari BYD pada Model Y yang diproduksi di gigafactory Berlin, Jerman. Pengadopsian baterai Blade BYD ini merupakan kali pertama bagi jenama mobil listrik asal Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan resmi, Senin (8/5/2023) baterai Blade ini merupakan model terbaru yang memiliki keunggulan dibandingkan lithium-ion tradisional. Baterai ini bahkan diklaim lebih aman, stabil, dan menawarkan siklus pakai lebih lama.

Secara material dibuat menggunakan bahan kimia litium besi fosfat (LFP) yang dikenal karena stabilitas dan keamannya maksimal. Bukan hanya itu, baterai ini juga memiliki desain unik, yaitu menampilkan struktur seperti bilah.

Sebagai informasi, BYD merupakan perusahaan yang terintegrasi vertikal yang mencakup seluruh rantai pasok kendaraan listrik (electric vehicle/EV), mulai tambang litium, hingga produksi baterai dan kendaraan listri.

Sektor bisnis lain, yaitu mengembangkan perangkat lunak dan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada kendaraan.

BYD juga sebagai produsen baterai EV terkemuka kedua di dunia dan memiliki bisnis yang kuat di industri bus. Kolaborasi dengan Tesla ini tentunya juga akan semakin memantapkan posisi BYD di pasar EV global.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )