Empat Samurai Jepang Garap Mesin Motor Hidrogen

Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki Garap Mesin Motor Hidrogen (Kyodo)

TOKYO, AVOLTA – Empat raksasa sepeda motor Jepang, yakni Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki bakal bergandengan tangan mengembangkan mesin sepeda motor bertenaga hidrogen. Tujuan dari kolaborasi ini, adalah meluncurkan kendaraan roda dua masa depan yang mampu mengurangi emisi karbon.

Disitat dari KyodoNews, ditulis Senin (22/5/2023), keempat perusahaan asal Negeri Sakura ini, pada bulan depan akan mendirikan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan mesin motor hidrogen.

Sejalan dengan hal tersebut, juga sebagai pendukung kebijakan Jepang untuk mempromosikan hidrogen sebagai sumber energi generasi berikutnya, yang hanya menghasilkan air sebagai emisi saat digunakan sebagai bahan bakar.

Langkah itu juga dilakukan di tengah pengetatan peraturan pada kendaraan bertenaga bensin dan pergeseran ke kendaraan listrik di seluruh dunia.

“Hidrogen adalah jenis energi bersih generasi mendatang yang memiliki potensi besar,” ujar Presiden Yamaha, Yoshihiro Hidaka.

Selama ini, perusahaan sepeda motor asal Negeri Matahari Terbit secara tradisional sangat kompetitif di bidang mesin pembakaran internal alias bensin. Kini, keempatnya mencoba untuk mempromosikan hidrogen sebagai alternatif pilihan, karena masih menggunakan mesin yang ada, tidak seperti motor listrik dengan penggerak baru.

Sementara itu, Toyota Motor Corporation yang telah mengembangkan mobil bermesin hidrogen, dan Kawasaki Heavy Industries Ltd, yang dilengkapi dengan pengetahuan dalam mengangkut hidrogen cair, juga akan bergabung dengan organisasi tersebut sebagai anggota khusus.

Organisasi yang disebut Hydrogen Small Mobility & Engine Technology Association, akan mengundang pembuat kendaraan di Amerika Serikat dan Eropa untuk bergabung dalam mempromosikan mesin bertenaga hidrogen di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, organisasi yang dibentuk empat pabrikan sepeda motor ini juga mempertimbangkan memasang mesin hidrogen untuk minivehicles, kapal kecil dan drone. Selain lebih ramah lingkungan, hidrogen juga dinilai lebih mudah terbakar dan sangat baik bagi mesin.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )