Ini Dia Startup Motor Listrik yang Moncer di India

Skuter listrik buatan WardWizard Innovations and Mobility – dok.Snoop Buddy

New Delhi, Avolta – Nama WardWizard Innovations and Mobility memang masih asing di telinga orang Indonesia atau bahkan dunia. Namun tak demikian di India, pabrikan yang mulai memproduksi dan menjual sepeda motor listrik sejak akhir tahun 2019 ini telah kondang sebagai perusahaan yang cemerlang.

Pasalnya, penjualan motor listrik bermerek Joy e-bike yang dijajakannya terus beranjak naik. Produknya digemari orang-orang muda di berbagai kota di India, negeri dimana dia didirikan dan dibesarkan.

Seperti dilakukan laman Hindustan Times dan India Business Herald, Rabu (8/12/2021) dalam laporan penjualannya, WardWizard menyebut di bulan November saja pihaknya telah melego motor setrum – yang terdiri dari skuter dan motor sport – sebanyak 3.290 unit lebih. “Jumlah ini naik 1.190% dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2020 yang sebanyak 255 unit,” bunyi keterangan pabrikan.

Bahkan secara kumulatif sepanjang delapan bulan pertama di tahun fiskal 2021/2022 – atau dari April sampai dengan November – total angka penjualan yang dikantongi telah mencapai 13.516 unit. “Ini merupakan pertumbuhan langsung sebesar 590% dibanding periode yang sama tahun fiskal 2020/2021 yang terjual 1.957 unit,” jelas WardWizard.

Motor sport listrik buatan WardWizard Innovations and Mobility – dok.Business Today

Chief Operations Officer WardWizard, Sheetal Bhalerao, menyebut pihaknya telah melakukan perluasan jaringan gerai di wilayah baru dan mendapatkan tanggapan yang baik dari pelanggan di pasar tersebut. “Dengan lebih banyak kesadaran dan kecenderungan pelanggan untuk mobilitas ramah lingkungan, kami yakin dapat mencapai angka penjualan yang besar lagi dalam beberapa bulan mendatang,” kata dia.

Selain memproduksi kendaraan roda dua elektrik dengan merek e-bike Joy, WardWizard juga motor sport maupun lainnya. Motor itu antara laun Beast, Hurricane, Skyline, dan Thunderbolt, selain itu ada e-skuter Glob dan Gen Next Nanu.

Hanya, pabrikan belum memberikan informasi apakah produknya akan diekspor ke berbagaoi negara. Tetapi yang pasti WardWizard akan ekspansif menggarap pasar dalam negeri, sebab India dengan jumlah penduduk 1,3 miliar jiwa lebih merupakan pasar motor terbesar kedua di dunia.

Skuter listrik Joy e-bike buatan WardWizard – dok.Istimewa

“Terlebih, kini pemerintah (India) terus mendorong penggunaan kendaraan bernergi ramah lingkungan yang berkelanjutan khususnya listrik untuk mengurangi polusi dan komitmen terhadap kesepakatan global untuk mengurangi emisi karbon dan netral karbon.Tatanan baru dalam lingkungan global ini telah membuka pasar yang sangat potensial bagi perusahaan pembuat kendaraan ramah lingkungan,” ujar analis industri bursa saham di New Delhi, Arun Jaina Patheel. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )