Honda Kembangkan Pengisian Baterai Mobil Listrik Lebih Stabil

Honda e lagi cas baterai. (Honda)

JAKARTA, AVOLTA – Honda R&D Europe GmbH berkolaborasi dengan Kraftwerke GmbH untuk membuat jaringan vehicle to grid (V2G) yang lebih stabil dalam pengisian daya mobil listrik alias electric vehicle (EV).

Kolaborasi tersebut tentunya membuat Honda menjadi produsen mobil pertama di Eropa yang meraih sertifikasi untuk mobil listrik yang diproduksi massal, untuk prequalification of frequency containment reserve (FCR) oleh Ampiron GmbH di November 2022.

Teknologi FCR ini digunakan untuk stabilisasi jaringan dan juga disebut sebagai cadangan kontrol primer, karena merupakan respons pertama jika terdapat gangguan pada frekuensi.

Bahkan, teknologi ini juga dapat bekerja untuk mendeteksi arus jangka pendek pada kendaraan listrik. Teknologi ini secara otomatis akan menyeimbangkan arus agar stabil.

Demi memberikan hasil terbarik, maka Honda telah melakukan pengujian langsung kepada mobil listrik rakitannya. Pengujiannya dilakukan pada 6 Honda e yang diisi menggunakan pengisi daya CCS 2 arah Honda Power Manager.

Ilustrasi colokan cas mobil listrik Honda e. (Honda)

Hasil dari pengujian kemudian terlihat bahwa produk Honda mampu memenuhi standar tinggi dalam pengisian daya dengan memastikan frekuensi grid 50Hz yang stabil.

Tom Gardner, Senior Vice President Honda Motor Europe dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022) mengatakan, kerjasama ini memungkinkan Honda memenuhi tuntutan baru khususnya untuk pasar Eropa dan memenuhi komitmennya untuk mengembangkan teknologi yang menciptakan nilai bagi masyarakat.

“Pengembangan ini merupakan langkah penting untuk memajukan peran EV dan teknologi pengisian dua arah dalam sistem energi berkelanjutan di masa depan,” ungkap Tom.

Perlu diketahui, mobil listrik Honda e mampu menghasilkan tenaga 154 PS dan torsi 315 Nm. Mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 35,5 kWh yang mampu membawa berpergian sejauh 211 Kilometer berdasarkan klaim WLTP.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )