Mencoba Fitur Parkir Otomatis Toyota bZ4X, Gampang Banget!

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu, telah resmi meluncurkan mobil listrik baterai bZ4X. Model ramah lingkungan asal Jepang ini, dilepas dengan banderol Rp 1,19 miliar.

Tidak hanya memiliki tampilan yang keren, Toyota bZ4X ini juga dibekali dengan teknologi super canggih. Salah satunya, adalah fitur Advanced Park atau parkir otomotif.

Fitur ini dirancang untuk mampu membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur, tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Kebetulan, ketika pihak TAM memberikan kesempatan menguji Toyota bZ4X di bilangan BSD, Tangerang, Avolta sempat menguji fitur canggih tersebut. Secara pengoperasiannya, begitu mudah, karena pengemudi hanya harus memilih dan menentukan lokasi parkir yang kosong.

Kemudian, pastikan garis tempat parkir terlihat jelas, dan bebas dari benda apapun. Lalu, setelah menemukan area parkir tekan tombol dengan gambar setir dan P. Tombol itu berada di konsol tengah sebelah kiri. Setelah itu, layar pada headunit akan memberikan pilihan, untuk parkir seri atau paralel.

Jika sudah dipilih, tekan start. Setelah itu, mobil akan otomatis parkir sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Gas dan putaran setir dan juga perpindahan transmisi benar-benar dilakukan secara otomatis.

Dari mulai start dan mobil mulai bergerak sendiri untuk parkir, prosesnya tidak lama hanya kurang lebih satu menit.

Berbicara spesifikasi, mobil ini dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Salah satu yang menjadi kelebihan mobil ini, yaitu unit baterai ramping.

Mobil listrik canggih ini, dibekali Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh. Baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 Km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

All New bZ4X turut memanfaatkan fitur keselamatan aktif yang canggih, disebut Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Disematkan pula fitur telematika T Intouch, yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Terakhir, bZ4X yang meluncur di Indonesia hanya dibekali satu varian yakni Front Wheel Drive (FWD) panoramic roof yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 Hp dan torsi 266 Nm.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )