Ambisi Besar Xiaomi Jual 10 Juta Unit EV per Tahun

CEO Xiomi Lei Jun bersama prototipe mobil Xiomi yang  mulai tes teknologi otonom Agustus 2022 lalu. (IST)

BEIJING, AVOLTA – Pada 2021, Xiaomi memulai langkah pertamanya di industri otomotif dengan mendirikan Xiaomi Automobile. Sejak saat ini, perusahaan teknologi ini belum memberikan pernyataan yang kuat, terkait tujuan dan ambisinya di pasar kendaraan roda empat.

Namun, Senin (29/11/2022, dilansir dari Carnewschina, Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan, bahwa perusahaannya bertujuan untuk menjual 10 juta unit kendaraan listrik setiap tahunnya.

Sebelumnya, pada Oktober 2021, Xiaomi Automobile telah mengadakan konferensi investor. Dalam pertemuan tersebut, Lei Jun mengatakan bahwa dapat secara bertahap untuk memulai produksi massal kendaraan listrik pada kuartal I/2024.

Setelah konferensi, Xiaomi terdiam cukup lama. Baru pada Juli 2022, mobil prototipe Xiaomi pertama mulai terdeteksi tengah melakukan uji jalan. Mobil pertama dari pabrikan asal Cina ini, merupakan sedan listrik dengan tampilan yang cukup sporty.

Xiaomi masih malu-malu ungkap kehadiran mobil listrik pertamanya (Carnewschina)

Namun setelah itu, kembali tidak terdengar kabar terkait pengembangan kendaraan listrik Xiaomi, dan saat ini kembali Lei jun memecah kesunyian, dengan pernyataan yang cukup ambisius terkait penjualan.

Kemudian, informasi baru tentang Xiaomi Automobile muncul beberapa hari yang lalu, ketika Xiaomi Group merilis laporan keuangan Q3 2022. Menurutnya, Xiaomi Group telah menginvestasikan US$ 115,9 juta dalam bisnis inovatif, termasuk kendaraan listrik pintar.

Perlu diketahui, menurut media sosial di Negeri Tirai Bambu, kendaraan prototipe listrik Xiaomi keluar dari jalur produksi pada 28 September, dengan nama MS11.

Mobil ini, dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 800 V dan powertrian yang mampu menghembuskan daya sebesar 354 Tk.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )