Indika Energy Mencoba Peruntungan Jualan Motor Listrik Alva

Skuter Listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022 (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Alva menjadi merek baru di industri otomotif dalam negeri di bawah naungan PT Illectra Motor Group (IMG). Perseroan merupakan ranting bisnis dari induk usaha PT Indika Energy Tbk yang selama ini dikenal sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara di Indonesia.

Arsjad Rasjid, Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk,, mengatakan, Alva merupakan merek asli Indonesia, dan motor Alva One yang meluncur bukan rebrand dari merek lain alias hanya ganti logo.

“Indonesia. Pengembangan di Indonesia. Nanti bisa oleh dewan direksi ya buat menjelaskan, biar lebih enak. Tapi ini kita bangun (di) Indonesia. Ini Indonesia,” ucap Arsjad saat peluncuran Alva One di Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Kelahiran Alva di persaingan pasar motor listrik nasional sekalgus menjadi salah satu upaya Indika memperluas bisnis energi ke nikel, pengolahan baterai, sampai kendaraan listrik.

Arsjad Rasjid, presiden direktur PT Indika Energy Tbk (INDY) sekaligus Ketua Umum Kadin Indonesia. (arsjadrasjid.com)

Pada pameran GIIAS 2022 di ICE, BSD City, Tangerang, Alva meluncurkan skuter listrik Alva One yang dijual Rp 39,9 juta.

“Kehadiran Alva di industri kendaraan roda dua berbasis listrik bukan hanya sekadar menghadirkan produk motor listriknya saja, melainkan untuk menghadirkan lifestyle mobility solution dengan menghadirkan aplikasi yang terhubung dengan motornya,” ungkap Presiden Direktur PT IMG Purbaja Pantja di GIIAS 2022.

Motor listrik Alva One memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport, yang masing-masing memiliki batas kecepatan 43 Km per jam, 70 Km per jam, dan 90 Km per jam. Jika menggunakan mode Eco, jarak yang bisa ditempuh motor ini mencapai 70 Kilometer.

Motor penggerak yang digunakan pada Alva One ini menempel pada roda belakang. Desain ini memungkinkan pemberian daya langsung dari dinamo ke roda belakang tanpa transmisi. Tenaga yang dihasilkan tenaga motor penggerak sebesar 5,7 PS dan torsi 46 Nm.

Jantung pacu tersebut ditenagai baterai Lithium 60V 45A (2,7 kWh). Baterai motor listrik ini dapat diisi menggunakan charger berdaya 70,5V 15A dengan lama pengisian sekitar 4 jam.

Selain itu dibekali fitur reverse button alias tombol mundur. Motor ini bisa berjalan mundur dengan menekan tombol tersebut, dan sangat membantu pengendara saat mengeluarkan motor dari parkiran.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )