Gaikindo Bicara Pasar Motor Listrik Lebih Melaju Cepat

Yamaha Neo, skutik listrik kecil resmi meluncur di Eropa. (yamaha)

JAKARTA, AVOLTA – Perkembangan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, baik mobil ataupun motor listrik bakal melaju dengan cepat. Berbagai faktor menjadi pendukung hal tersebut, mulai dari regulasi yang mendukung dari pemerintah, insentif yang diberikan, serta infrasturktur yang terus dibangun.

Sekertaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengatakan, pasar sepeda motor listrik bakal tumbuh seiring dengan semakin baiknya inovasi dan perkembangan teknologi otomotif.

“Kita tahu nanti kita ada kereta cepat yang akan pakai listrik, terus di Jakarta juga sudah ada bus listrik. Itu terobosan-terobosan baru. Nah kendaraan roda dua listrik juga menarik nih. Pasar kendaraan roda dua di Indonesia juga terbilang tinggi, karena (pasar) pernah mencapai 4 juta bahkan 7 juta unit,” ujar Kukuh.

Motor listrik Oyika (Ist)

Sementara itu pemenuhan energi kendaraan listrik pun semakin memadai. Contohnya, pemanfaatan lebih banyak sungai di Indonesia untuk Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Swasembada sepeda motor itu sudah pasti, kita sudah mampu memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri dengan total produksi di atas satu juta unit satu tahun. Kita juga sudah melakukan ekspor ke berbagai negara,” tambah Kukuh.

Kukuh juga menggambarkan, pola perkembangan kendaraan listrik kurang lebih akan seperti ponsel pintar di Indonesia.

Dahulu ponsel memiliki ukuran baterai yang besar, bahkan perlu baterai cadangan, tapi setelah 1,5 dekade tampilan ponsel ringkas, canggih, dengan daya baterai yang besar.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )