Toyota Dominan di Pasar Otomotif Global dalam 3 Tahun

Kinerja ekspor Toyota periode kuartal I/2022 mencatatkan volume terbesar sepanjang sejarah. (TMMIN)

TOKYO, AVOLTA – Toyota Motor Corporation (TMC) dominan pada penjualan mobil secara global pada paruh pertama 2022. Raksasa otomotif asal Jepang ini, berada di puncak klasemen mengalahkan Volkswagen AG selama tiga tahun berturut-turut.

Dikutip Kyodo News, di tengah krisis cip semikonduktor dan lockdown akibat Covid-19 di Cina, Toyota mampu menjual sebanyak 5,14 juta unit kendaraan di seluruh dunia. jumlah tersebut, termasuk Daihatsu Motor Co dan Hino Motors Ltd.

Namun, penjualan Toyotan ini turun 6 % dari periode yang sama pada 2021. Bahkan, hasil tersebut menandai penurunan pertama dalam dua tahun terakhir.

Penurunan diakibatkan produksi global yang terkoreksi, sebesar 3,8 % menjadi hanya 5,10 juta unit yang juga menyusut untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Meskipun Toyota berhasil mengurangi dampak kekurangan semikonduktor, yang telah memberikan pukulan bagi pembuat mobil di seluruh dunia.

Proses produksi Toyota Mirai di pabrik Toyota di Jepang. (Toyota)

Sedangkan Volkswagen mengalami penurunan penjualan secara global sebesar 22,2 % menjadi hanya 3,88 juta unit pada semester pertama 2022.

“Volume penjualan tidak pernah menjadi prioritas utama. Kami akan terus memprioritaskan keselamatan dan kualitas dan berusaha untuk membuat mobil yang lebih baik,” ujar seorang pejabat Toyota setelah merilis hasil.

Penjualan domestik Toyota sendiri anjlok 18,1 % menjadi 954.173 unit, dengan produksi domestik turun 17,7 % menjadi 1,74 juta unit. Hal ini, karena banyak model yang diproduksi di Jepang menggabungkan teknologi mutakhir yang tergantung pada semikonduktor.

Sedangkan penjualan di luar negeri, turun 2,8 % menjadi 4,18 juta kendaraan, tetapi produksi luar negeri tumbuh 5,6 % menjadi 3,35 juta unit, mencatat rekor tertinggi untuk periode setengah tahun pertama berkat perluasan kapasitas produksi di China.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )