Suzuki dan Daihatsu Kolabs Bikin Mobil Listrik Mini

Salah satu mobil listrik konsep Daihatsu (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Produsen otomotif asal Jepang, yakni Suzuki dan Daihatsu memutuskan untuk menggabungkan diri ke Commercial Japan Partnership Technologies Corporation (CJPT). Kerja sama ini bertujuan menciptakan mobil listrik mini yang sesuai kebutuhan konsumen di Jepang.

CJPT merupakan konsorsium gabungan antara Isuzu Motors, Hino Motors, dan Case Technologies – salah satu divisi teknologi Toyota – di Jepang. Tujuannya, membuat mini van komersial listrik dimulai pada 2023 mendatang.

Berdasarkan keterangan resmi Toyota yang ditulis, Rabu (20/7/2022), segmen itu dipilih karena dinilai pas untuk operasional di perkotaan dan bisa menjelajah ke jalan yang sempit di Jepang.

Bukan hanya itu, tujuannya juga untuk mendukung industri logistic dan juga diharapkan bisa berkontribusi besar dalam pencapaian netralitas karbon di masa mendatang, khususnya di Jepang.

Seluruh pabrikan otomotif yang berkolaborasi ini juga berharap produk mobil listrik ciptaan mereka dapat memberikan solusi kepada masyarakat khususnya yang bergerak di usaha logistik dan sejenisnya.

Belum diketahui detail soal porsi kerjasama masing-masing merek, tapi seperti yang dijelaskan, yaitu meliputi pengembangan sistem battery electric vehicle oleh Suzuki, Daihatsu, dan Toyota. Suzuki dan Daihatsu akan memberikan platform kendaraan mini, sedangkan Toyota memberikan teknologi listrik.

Sementara CJPT akan membuat perencanaan bisnis. Bahkan, Van mini listrik itu nantinya akan digunakan dalam berbagai proyek di Prefektur Fukushima dan Tokyo.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )