Pasokan Cip Membaik, Pabrikan Mobil Mulai Kejar Produksi

Kijang Innova juga tetap menjadi andalan ekspor Toyota selain Fortuner. (TMMIN)

JAKARTA, AVOLTA – Krisis cip semikonduktor yang terjadi di Indonesia, memang memukul banyak pemain otomotif Tanah Air. Namun saat ini, kondisi tersebut diklaim sudah membaik, sehingga banyak pabrikan roda empat yang mulai meningkatkan produksinya kembali.

“Kendala supply tetap ada, tapi memang sudah membaik,” ujar Corporate Affairs Director Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, dilansir dari laman Bisnis.com, ditulis Rabu (20/7/2022).

Lanjut Bob, pasokan cip semikonduktor yang mulai meningkat membuat raksasa otomotif asal Jepang ini optimistis mampu memenuhi permintaan konsumen. Namun, Toyota sendiri tetap mengantisipasi kondisi rantai pasokan hingga beberapa waktu ke depan.

“Kita realistis saat ini uncertainty-nya tinggi. Covid-19 dan juga geopolitik akibat perang Ukraina,” jelasnya.

Sementara itu, bagi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang sebelumnya terdampak cukup signifikan terkait krisis cip semikonduktor, mengaku juga sudah merasakan kondisi yang lebih baik.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, perusahaan mulai dapat meningkatkan pasokan HR-V ke dealer secara bertahap. Honda yang sebelumnya menjual sekitar 1.500 unit karena produksi tersendat, kini lebih dari 2.500 unit per bulan.

“Kami bersyukur bahwa pasokan komponen untuk produksi mulai meningkat pada semester kedua tahun ini sehingga kami dapat mengirimkan All New HR-V ke lebih banyak konsumen yang telah memesan,” ucap Billy.

Sementara itu, kembali ke Toyota, kali ini dari segi distribusinya, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa penjualan perusahaan sebanyak 149.461 unit pada paruh pertama 2022.

Realisasi tersebut tumbuh 22,3 persen dibandingkan kurun waktu yang sama tahun lalu sebesar 122.174 unit

“Di kami, Toyota, hingga bulan Juni selama setengah tahun ini Avanza mencatat penjualan sebesar 25.344. Disusul Innova 23.592 lalu Rush 21.405, Veloz 17.834, dan Calya 16.645,” katanya saat dihubungi pekan lalu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )