Menguji Langsung Kecanggihan TSS Andalan Toyota Veloz

Menguji fitur TSS di all new Veloz (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – All new Toyota Veloz resmi hadir di Indonesia tahun lalu, dengan sejumlah ubahan baik eksterior, interior, dan juga teknologi canggih. Salah satunya, adalah fitur Toyota Safety Sense (TSS) sebagai pendukung keselamatan canggih milik pabrikan asal Jepang tersebut.

Menguji langsung kecanggihan fitur keselamatan aktif tersebut, Toyota Astra Motor (TAM) mengajak sejumlah jurnalis nasional, dalam media experience bertajuk Safe Jakarta, Selasa hingga Kamis (28-30/5/2022).

“Seluruh fitur keselamatan ini bahu-membahu membantu menjaga kewaspadaan pelanggan saat mengemudi secara real time dan akurat, sehingga mobilitas pelanggan menjadi aman, mudah dan nyaman,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM.

Dalam perjalanan, jurnalis dibagi dalam 5 grup kendaraan yang dapat mencicipi salah satu fitur yang menjadi bagian dari TSS yaitu Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang akan aktif saat all new Veloz melaju di atas kecepatan 60 km/jam. Teknologi ini sendiri, akan sangat membantu pengemudi ketika melaju di jalan tol.

Fitur lane departure warning all new Toyota Veloz (Ist)

Fungsi dari fitur Lane Departure Warning ini, adalah memberikan alarm peringatan kepada pengemudi saat ini berpindah lajur secara tidak sengaja.

Sedangkan fitur Lane Departure Prevention akan membantu memberikan koreksi ringan terhadap kemudi jika pengemudi belum juga mengubah arah setelah warning diberikan oleh sistem. Fitur ini membantu menjaga kewaspadaan pengemudi.

Selain melakukan pengujian di jalan raya atau tol, jurnalis juga mencoba fitur Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking di sebuah tempat yang disediakan. Melaju dalam kecepatan 20 km/jam secara konstan, dan di ujung lintasan terdapat tiruan bagian belakang mobil yang akan membuat fitur tersebut beroperasi dan membantu menghentikan mobil guna mencegah kecelakaan.

fitur pre-collision warning di all new Toyota Veloz (Ist)

Selanjutnya, dicoba juga fitur Pedal Missoperation Control yang membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas. lalu, jurnalis juga dapat mencoba fitur front departure alert, yang akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan telah bergerak menjauh seperti saat beranjak dari lampu merah.

Selain mengetes fitur-fitur di TSS, jurnalis juga diberikan tantangan dengan melakukan parkir mundur, dengan mengandalkan all round view monitor tanpa melihat kaca spion. Sebagai alat bantu parkir, fitur ini mampu memberikan pandangan di sekeliling mobil dengan luas dan jelas.

Terakhir, fitur yang dapat diuji adalah rear crossing traffic alert (RCTA) yang dapat mendeteksi kendaraan lain di belakang, serta blind spot monitor (BSM) yang memberikan peringatan kepada pengemudi ketika ada kendaraan di area blind spot.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )