Chery Sebut Guyur Investasi 1 Miliar Dollar AS di Indonesia

Chery Small Ant (Carnewschina)

JAKARTA, AVOLTA – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Beijing, China banyak membuahkan hasil untuk sektor otomotif. Kini Chery mengumumkan akan berinvestasi di Indonesia dengan mengguyur dana segar 1 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Executive Vice President Chery International Zhang Shengsan kepada pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Beijing.

“Untuk mencapai target produksi dan manufaktur 200.000 kendaraan, investasi Chery di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahap,” ucap Zhang melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, (28/7/2022).

Zhang melanjutkan, investasi tahap awal yang dimulai pada tahun ini, yaitu sebesar 40 juta dolar AS dan diproyeksikan untuk mencapai jumlah produksi 20.000 unit per tahunnya.

Tiga produk Chery di Indonesia (Ist)

Selanjutnya, tahap keempat pada 2028, Chery akan menggenapkan investasi hingga mendekati 1 miliar dolar AS sehingga dapat mengoptimalkan jumlah produksi 200.000 unit per tahun.

“Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” tutur Zhang.

Bukan hanya itu, Zhang juga menyampaikan rencana investasi Chery di Indonesia untuk mengembangkan kendaraan listrik. Menurut dia, Indonesia memiliki peran dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan karena memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia.

Menariknya, menurut Zhang produk Chery di pasar domestic dalam negeri di masa mendatang akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )