Wujud Komitmen Toyota Menciptakan Indonesia Bebas Emisi

Wujud Komitmen Toyota Ciptakan Indonesia Bebas Emisi Kendaraan Bermotor (Ist)

DENPASAR, AVOLTA – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melanjutkan rangkaian aktivitas seminar nasional, yang dimulai di Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang pada Mei 2022. Kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut mengadakan tahap kedua, dengan kolaborasi bersama civitas akademia Universitas Udayana (UNUD), Bali.

Seminar ini, menjadi bentuk partisipasi aktif sebagai stakeholder pendukung, seperti sektor pendidikan, industri pariwisata, serta industri otomotif nasional untuk mewujudkan cita-cita pemerintah mencapai target masa depan Indonesia bebas emisi.

Kolaborasi Triple Helix berupa sinergi positif pemerintah, akademisi, dan industri dapat menjadi solusi nyata mencapai netralitas karbon yang merupakan target nasional yang harus dicapai pada 2060 mendatang.

Toyota menyiapkan kendaraan listrik, mulai dari BEV dan PHEV di Danau Toba. (TAM)

Target Net Zero Emission menjadi tantangan tersendiri yang tidak mudah dicapai tanpa kolaborasi membangun dari semua pihak, juga andil serta partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam upaya Indonesia dan dunia yang lebih bersih.

Bob Azam, External Corporate Affairs Director PT TMMIN menjelaskan, pembentukan ekosistem hijau menjadi wujud nyata dalam upaya mengurangi karbon sebagai musuh bersama.

“Kami ingin mendukung Pemerintah, civitas akademia, dan industri untuk mengembangkan sistem mobilitas yang ramah lingkungan di Bali sebagai best practice destinasi wisata hijau, dengan memberikan solusi teknologi kendaraan elektrifikasi lengkap, yang mengusung strategi multipathway,” jelas Bob.

Langkah tersebut, dikombinasikan dengan kendaraan rendah emisi, seperti LCGC dan flexy engine, HEV, PHEV, BEV, dan FCEV serta menawarkan konsep mobilitas baru sehingga semua lapisan masyarakat dapat berkontribusi pada pengurangan emisi dalam mobilitasnya.

Toyota Indonesia juga meyakini bahwa ekosistem hijau didukung pula dengan pengembangan SDM, khususnya generasi muda di pendidikan tinggi yang memegang peranan dan menjadi elemen penting.

Hal ini pun menjadi inisiasi bagi Toyota Indonesia untuk mendukung rangkaian seminar nasional di UNUD, yang mengangkat isu ekosistem hijau dan penerapannya di Bali sebagai salah satu best practice implementasi kendaraan elektrifikasi, yang diterapkan dengan menentukan enclave tertentu seperti memanfaatkan potensi Bali sebagai daerah wisata.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )