Tuntutan WFO atau Resign dari Elon Musk Dapat Perlawanan

Elon Musk menjual saham Tesla untuk bayar pajak di Amerika. (MotorTrend/Nick Yekikian)

JAKARTA, AVOLTA – Elon Musk memerintahkan kepada karyawan di pabrik Tesla untuk mulai bekerja di kantor alias work from office (WFO). Bahkan dia tidak ragu bilang apabila ada yang tidak setuju, maka sebaiknya keluar dari perusahannya itu.

Namun, ultimatum itu mendapatkan perlawanan di Jerman. Serikat pekerja IG Metall di Berlin-Brandenburg-Sachsen, lokasi pabrik Tesla, mendukung setiap karyawan yang menentang ultimatum Musk.

Tesla mempekerjakan sekitar 4.000 orang di Jerman dan berencana menambahnya menjadi 12 ribu orang.

“Siapa pun yang tidak setuju dengan tuntutan sepihak seperti itu dan ingin menentangnya memiliki kekuatan serikat pekerja di belakang mereka di Jerman, sesuai hukum,” ungkap Birgit Dietze, pemimpin distrik untuk IG Metall di Berlin-Brandenburg-Sachsen mengutip Reuters, Sabtu (4/6/2022).

Menurut dia, di Jerman saat ini dikatakan tidak ada undang-undang yang mengatur hak bekerja dari rumah, tetapi kementerian tenaga kerja sedang mengerjakan kebijakan yang akan meningkatkan fleksibilitas bagi pekerja.

Banyak pengusaha besar, termasuk produsen otomotif menganut model kerja hibrida setelah pandemi Covid-19 yang memaksa perusahaan mengirim staf bekerja di rumah.

“Kami memiliki pandangan yang berbeda secara mendasar dalam menciptakan lingkungan kerja yang menarik, dan mendukung pemberdayaan dan tanggung jawab pribadi dalam tim kami untuk menyeimbangkan rasio pekerjaan seluler dan tatap muka,” tutur Gunnar Kilian, anggota dewan yang bertanggung jawab untuk sumber daya Volkswagen.

Selain itu, produsen otomotif BMW dan Mercedes-Benz juga memiliki pandangan berbeda dari Musk.

“Pekerjaan hibrida adalah model kerja masa depan, bentuk yang berbeda dimungkinkan, dari kehadiran lengkap hingga kerja jarak jauh,” ungkap juru bicara Mercedes-Benz.

Meski begitu, di Tesla pemberlakuan WFH bagaimanapun tidak akan terjadi. Musk menilai sangat penting manajer senior terlihat di kantor, daripada bekerja dari rumah.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )