Banyak Skuter Listrik Terbakar di India Sampai Ada Korban Jiwa

Skuter listrik Yamaha Neo dibekali baterai. (Yamaha)

NEW DELHI, AVOLTA – Kasus kebakaran skuter listrik tengah marak di India. Bahkan, pemerintah Negeri Bollywood langsung melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut.

Disitat Reuters, temuan awal dari penyelidikan kasus kebakaran skuter listrik ini, adalah sel baterai dan modul yang rusak.

Sementara itu, kasus kebakaran skuter listrik ini melibatkan tiga perusahaan, termasuk Ola Electric. “Dalam kasus Ola, sel baterai ditemukan menjadi masalah serta sistem manajemen baterai,” ujar salah satu sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Penyelidikan ini sendiri, mulai dilakukan pada Maret 2022, setelah serentetan kasus kebakaran skuter listrik ini. Bahkan, salah satu kejadian, hingga menyebabkan seorang pria dan putrinya meninggal dunia.

Pemerintah India sejatinya tengah mencangkan target untuk mencapai penjualan skuter listrik sebesar 80%, dari total keseluruhan roda dua yang terjual. Namun, dengan banyaknya kasus kebakaran ini, dikhawatirkan mengikikis kepercayaan konsumen terkait kendaraan ramah lingkungan.

“Pemerintah telah mengambil sampel sel dari tiga perusahaan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tambah sumber tersebut.

Skuter listrik buatan WardWizard Innovations and Mobility – dok.Snoop Buddy

Ola yang sumber selnya berasal dari LG Energy Solution (LGES), Korea Selatan mengatakan, tengah bekerja dengan pemerintah terkait masalah kebakaran skuter listrik ini. Selain itu, pihak produsen juga telah menunjuk badan ahli eksternal, selain melakukan penyelidikan sendiri.

“Sesuai penilaian awal para ahli ini, tidak ada kesalahan pada sistem manajemen baterai Ola sama sekali dan kemungkinan itu adalah insiden termal yang terisolasi,” kata juru bicara perusahaan dalam sebuah pernyataan.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )