Harga Baterai Hyundai Ioniq 5 Tembus Ratusan Juta Rupiah

Platform Hyundai E GMP, menggunakan baterai di dek sasis. (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Komponen penting pada mobil listrik, yaitu motor listrik dan baterai. Bahkan untuk harganya bisa mencapai setengah dari banderol on the road mobil listrik itu sendiri.

Menurut Head of Parts Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Tony Hadiyanto kedua komponen itu yang menentukan harga jual mobil listrik, termasuk Hyundai Ioniq 5.

Tony mengungkapkan harga dari baterai tersebut mencapai hampir setengah dari harga mobil listrik buatan pabrikan Korea Selatan itu.

“Harganya itu sekitar 40 persen dari harga mobilnya. Mahal dan juga komponen penting pada mobil listrik,” ucap Tony di Jakarta belum lama ini.

Secara harga, Ioniq 5 belum dirilis tapi Hyundai sudah memberikan kisi-kisi kalau banderolnya di atas Ioniq dan Kona Electric yang dijual di Indonesia lebih dulu.

Perlu diketahui, setiap tipe Hyundai Ioniq 5 sudah didaftarkan di situs Samsat DKI Jakarta. Hal ini tercatat pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk mobil merek Hyundai, dalam kategori ‘Minibus’.

Pada halaman pertama di nomor 9 dan 10 adalah adalah Hyundai Ioniq 5 tipe Standard untuk model Prime dan Signature. Sedangkan di laman berikutnya pada nomor 11 dan 12 adalah varian Long range dari kedua varian itu.

Tipe Standard dengan model Prime dijual Rp 444 juta, sementara Signature dibanderol Rp 502 juta. Lalu tipe Long range dengan varian Prime diberi harga Rp 478 juta, sedangkan Signature dipasangkan angka Rp 540 juta. Tentu saja, harga ini belum termasuk pajak dan margin dari perusahaan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )