Yamaha E01 Mau Masuk ke Indonesia pada Juli 2022

Yamaha memperkenalkan skutik listrik terbaru, Yamaha E01 2022 di Eropa. (Yamaha)

TOKYO, AVOLTA – Yamaha E01 cukup menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta roda dua dunia. Pasalnya, motor listrik ini memiliki tampilan yang cukup keren, dengan dimensi yang menyerupai NMax, dengan desain yang lebih sporty.

Disitat dari pernyataan resmi di website pabrikan asal Jepang ini, skuter matik (skutik) nol emisi ini memang belum akan diproduksi massal dalam waktu dekat. Namun, perusahaan akan melakukan berbagai uji coba E01 ini di berbagai negara, termasuk Taiwan, Indonesia, Thailand, dan Malaysia mulai Juli 2022.

Sebelumnya, gambar Yamaha Eo1 versi produksi massal sudah beredar luas di dunia maya.

Sempat beredar sketsa skutik listrik Yamaha e01 di internet. (MotorPlusOnline)

Jika dilihat dari bentuknya, motor ini menag terlihat futuristik, dengan kompartemen di bawah jok yang lebih tebal. Kemungkinan besar, itu akan menjadi tempat baterai skutik dari Negeri Matahari Terbit tersebut.

Berbicara jantung penggerak, skutik ini disebut bakal setara dengan motor 125cc. Tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 11 kW atau setara dengan 15 dk.

Angka tersebut juga menyesuaikan dengan regulasi kategori motor light electric scooter, yang berlaku di Eropa. Karena memang, motor listrik ini kemungkinan bakal pertama diluncurkan di wilayah tersebut. Setelah itu akan dipasarkan juga di wilayah lainnya, seperti kawasan Asia.

Sebagai informasi, Yamaha pertama kali meluncurkan konsep skuter listrik E01 di Tokyo Motor Show 2019, sebagai langkah nyata pertama menuju pilihan energi listrik dan energi bersih. Pengembangan skuter listrik Yamaha telah bermitra dengan pembuat e-skuter Gogoro yang sudah mapan.

Dalam hal perawatan Yamaha E01 diklaim memiliki biaya perawatan yang sederhana. Kabarnya baterai E01 bisa ditukar dengan baterai milik Yamaha EC-05. Pasalnya, kedua motor listrik ini dirancang berdasarkan basis produksi yang serupa, hanya saja punya model berbeda.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )