Suzuki Fokus Produksi Mobil Listrik di India

Ilustrasi Pabrik Suzuki di India (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Suzuki Motor Corp mengucurkan dana investasi 150 miliar yen atau setara Rp 18 triliun untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik di India. Tujuannya, fokus memenuhi permintaan mobil listrik dan elektrifikasi di masa mendatang.

Melansir Kyodo, Senin (21/3/2022), Suzuki bahkan berkomitmen dengan membangun pabrik baru khusus untuk memproduksi baterai mobil listrik.

Suzuki memilih India karena merupakan pasar terbesar di dunia, sekaligus sejalan dengan upaya pemerintah setempat guna mengurangi emisi gas rumah kaca, juga tren global menuju dekarbonisasi.

Rencananya, Suzuki mulai memproduksi kendaraan listrik di India mulai 2025, begitu juga dengan pabrik baterai mobil listrik yang dijadwalkan rampung tiga tahun lagi.

Selain pasar global, tentunya dengan adanya fasilitas baru ini semakin membuat Suzuki bisa bersaing dengan produsen otomotif lain, khususnya di pasar India. Targetnya bisa menjual mobil listrik yang murah dan berkualitas.

Bukan cuma itu, Suzuki juga berencana mengalokasikan 1 triliun yen untuk penelitian dan pengembangan kendaraan hybrid dan bentuk lain dari elektrifikasi otomotif selama lima tahun dari tahun fiskal 2021.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )