Mobil Listrik yang Siap Digas Petinggi Negara di KTT G20 Bali

Strategi Ciamik Toyota untuk Gaet Pembeli Mobil Listrik Pertamanya (Carscoops)

JAKARTA, AVOLTA – Selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober-November 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Indonesia menunjukan kesiapannya di era elektrifikasi. Sejauh ini ekosistem seperti tempat pengisian baterai dan pendukung lainnya telah disiapkan.

Bahkan, belum lama ini meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Bali. Jokowi juga ingin nanti para petinggi negara yang hadir, dijemput menggunakan mobil listrik.

Lantas, mobil listrik apa saja yang akan dipakai di KTT G20 mendatang?

Berdasarkan data yang dirangkum redaksi Avolta terdapat tiga mobil listrik, yaitu Hyundai Ioniq 5, Genesis 80 EV, dan Toyota bZ4X.

Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 mau dirakit lokal di Indonesia, paling mungkin berstatus IKD. (insideEV)

Pertama mari kita bahas Hyundai Ioniq 5. Mobil listrik ini dijadwalkan meluncur di lantai pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 31 April 2022. Ketika peluncuran perdana di pabrik Hyundai, Jokowi juga menjadi saksi peresmiannya, karena mobil listrik ini katanya mau diproduksi di Indonesia.

Secara spesifikasi di atas kertas, mobil listrik rakitan Indonesia ini dibekali pengisi daya cepat 350 kW, dan cukup membutuhkan waktu 18 menit ketika mengisi daya baterai dari 10 hingga 80 persen.

Hyundai Ioniq 5 memiliki empat varian, yaitu standar single speed 2WD dengan kapasitas baterai 58 kW, standar single speed 4WD dengan kapasitas 58 kW, long range single speed 2WD dengan kapasitas 72,6 kW, dan long range single speed 4WD dengan kapasitas 72,6 kW.

Menurut data spesifikasi, mobil dengan baterai lithium-ion ini sanggup dikebut sampai kecepatan maksimal 185 km per jam. Sedangkan akselerasi 0 sampai 100 km per jam bisa tercapai dalam 8,5 detik.

Genesis 80 EV

Genesis 80 EV (ist)

Genesis sendiri merupakan merek premium Hyundai yang sudah berdiri sejak 2015. Model yang akan digunakan yaitu, 80 EV.

Mobil istrik ini memiliki dimensi panjang 5 meter, lebar 1,92 meter, tinggi 1,47 meter, dan wheelbase 3 meter. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh bertenaga 272 kW (200 hp) dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke sistem gerak e-AWD.

Bukan hanya itu, mobil listrik ini juga diklaim mampu melesat dari 0-100 km per jam dalam hitungan waktu 4,9 detik. Klaim pabrikan, mobil listrik itu akan mampu melaju sekitar 265 mil atau sekitar 426 kilometer dengan satu kali pengisian daya.

Toyota bZ4X

Toyota bZ4X – dok.Istimewa

Terakhir, yaitu Toyota bZ4X yang sudah dipastikan akan digunakan para petinggi negara selama konferensi KTT G20 di Bali berlangsung. Mobil akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu penggerak roda depan atau FWD dan semua roda AWD.

Versi FWD diklaim memiliki tenaga mencapai dapat 150 kW sementara AWD 160 kW. Keduanya sama-sama dibekali baterai lithium-ion yang diletakkan secara rata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt.

Sementara untuk akselerasi dari 0-100 km per jam, dapat dicapai dalam 8,4 detik untuk FWD dan AWD 7,7 detik.

Baterai mobil dapat terisi hingga 80 persen dalam 30 menit. Pengisian listrik juga dapat dilakukan menggunakan panel surya di atap mobil. Informasinya mobil listrik ini akan tersedia sebanyak 143 unit.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )