Kia Siap Luncurkan 14 Mobil Listrik pada 2027

SUV listrik konsep Kia EV9, salah satu jagoan baru berteknologi EV. (Kia)

JAKARTA, AVOLTA – Kia menjadi salah satu produsen otomotif yang serius menggarap elektrifikasi. Buktinya, pada 2027 menargetkan akan meluncurkan 14 model mobil listrik dan menjual 1,2 juta kendaraan listrik di pasar otomotif global pada 2030.

Mengutip Yonhap, Jumat (4/3/2022) demi mewujudkan targetnya itu maka produsen otomotif asal Korea Selatan (Korsel) itu mengucurkan investasi 28 triliun won atau 23 miliar dollas AS.

“Kami akan fokus pada peningkatan penjualan kendaraan listrik di empat pasar utama, yaitu Korea Selatan, Amerika Serikat, Eropa dan, China. Di mana permintaan EV terus meningkat dan peraturan semakin ketat terhadap mobil mesin konvesional,” tutur Presiden dan Kepala Eksekutif Kia Song Ho-sung.

Kia EV6, jadi salah satu mobil listrik terlaris di Eropa. (Kia)

Bukan hanya itu, Kia juga berencana untuk memproduksi model mobil listrik lokal di pabrik globalnya di Eropa, Amerika Serikat, China, dan India, dengan fasilitas dan personelnya di Korea Selatan yang berfungsi sebagai pusat pengembangan dan produksi EV.

Kia juga berencana untuk memperkenalkan kendaraan sport EV9 jagoannya tahun depan dan truk pikap listrik dan EV lainnya hingga 2027.

Bahkan, Kia mengatakan kendaraan listrik murni akan mencapai 30 persen dari target penjualan global 4 juta unit untuk tahun 2030. Target global 2030 adalah 27 persen lebih tinggi dari 3,15 juta unit yang terjual tahun lalu.

Tahun lalu, Kia meluncurkan sedan EV6, model EV pertamanya yang disematkan dengan platform modular global listrik (E-GMP) EV-only milik Hyundai Motor Group.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )