ESDM Bakal Konversi 1.000 Motor Konvesional ke Listrik

Konversi Motor Listrik (ESDM)

JAKARTA, AVOLTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menginformasikan bahwa dalam beberapa waktu ke depan bakal melakukan konversi motor konvesional menjadi motor listrik.

Targetnya cukup ambisius, bisa mencapai 1.000 unit dan cita-citanya bisa mencapai 120 juta unit hingga 2030.

Target konversi 1.000 unit sepeda motor, juga diharapkan bisa mendorong keterlibatan aktif para pelaku usaha komponen motor listrik konversi, controller, penyedia baterai.

Tujuannya untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi, dan meningkatkan kandungan lokalnya. Efeknya harga keekonomian mesin konversi lebih terjangkau.

“Motor di Indonesia ada 115-120 juta unit. Kalau kita bisa konversi motor listrik, ini secara masif sampai 2030, ini akan membuat penghematan yang luar biasa,” ucapnya.

Namun berdasarkan target kendaraan listrik dalam dokumen Grand Strategi Energi Nasional dan Rancangan Net Zero Emission, kurang lebih 2 juta mobil listrik dan 13 juta motor listrik pada 2030.

Di mana Angka 13 juta, termasuk motor listrik baru maupun hasil konversi. Apabila target tercapai, tentunya bisa menghemat konsumsi BBM sebesar 6 juta KL per tahun dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 7,23 juta ton CO2e.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )