Toyota Jadi Merek Terlaris Bungkam GM di AS

Toyota Kalahkan Penjualan GM di Amerika Serikat (Autoblog)

New York, AVOLTA – General Motors (GM) harus rela berada di posisi kedua setelah Toyota, dalam persaingan sebagai merek terlaris di Amerika Serikat (AS) sepanjang 2021. Jenama asli Negeri Paman Sam ini, kalah sekitar 100 ribuan unit dibanding raksasa asal Jepang dalam penjualan roda empat selama Januari hingga Desember tahun lalu.

Dikutip dari Autoblog, Rabu (5/1/2022), Toyota berhasil menjual sekitar 2,3 juta unit mobil di negara Adidaya tersebut. Sedangkan GM, hanya mampu mengirim sebanyak 2,2 juta unit dan harus melepas mahkotanya sebagai pabrikan terlaris selama 90 tahun, atau sejak 1931.

Masalah yang dihadapi GM sepanjang 2021 ini, karena ketidakmampuannya untuk mengirimkan truk pikap karena kekurangan suku cadang. Bahkan, ketika pabrik sudah mulai berjalan dan diler sudah melihat kondisi yang lebih baik setahun lalu, namun permasalahan terkait produksi dan pengiriman sudah terjadi dan cukup sulit diperbaiki.

Meskipun pasar merindukan kehadiran truk model baru, namun GM hanya mampu mengirim sekitar 64 ribu unit lebih sedikit Silverados dan 4 ribu unit lebih sedikit Sierra dibanding 2020 yang dilanda lockdown karena kekurangan suku cadang dan pandemi Covid-19.

Sementara itu, merek lain seperti Mazda menutup 2021 dengan peningkatan penjualan lebih dari 20 persen dibanding tahun sebelumnya. Penjualan setiap model dari jenama asal Negeri Matahari Terbit ini, meningkat dibanding periode sebelumnya, kecuali C-3 yang produksinya dihentikan.

Selain itu, Porsche juga mengalami peningkatan penjualan, sebesar 22 persen untuk 2021. Meskipun pada kuartal keempat, produsen mobil performa tinggi asal Jerman ini mengalami penjualan yang stagnan.

Di sisi lain, Mitsubishi juga mencatatkan penjualan pada kuartal empat 2021 dengan peningkatan sebesar 68 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan periode Januari hingga Desember 2021, penjualan pabrikan berlambang tiga berlian ini meningkat hampir 17 persen.

Bahkan, 2021 merupakan tahun keempat Mitsubishi mencapai penjualan sebesar 11 ribu unit sejak 2007.

Duo Korea Selatan, Hyundai dan Kia juga mengalami peningkatan penjualan pada 2021. Meskipun, kuartal keempat Hyundai mengalami penurunan, tapi dalam setahun penuh mencatatkan rekor penjualan secara ritel tanpa menyebutkan detail unit yang terkirim.

Setali tiga uang, Kia juga juga melampaui pencapaian terbaik sepanjang tahun, dengan gabungan penjualan secara retail dan fleet atau borongan hampir 10 persen dibanding 2020.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )