Jangan Bingung, Pelat Nomor Bakal Belang Tahun Ini

JAKARTA, AVOLTA – Rencana perubahan pelat nomor dari warna dasar hitam dengan tulisan putih, menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam akan dimulai pada 2022. Hal tersebut, sesuai dengan Peraturan Kepolisan (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021.

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus menjelaskan, peralihan plat hitam ke putih ini, akan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satunya, mendukung sistem tilang electronic traffic law enforcement (ETLE) berbasis kamera atau CCTV hingga pelaksanaan parkir elektronik.

“Kita gunakan plat putih ke depannya agar Automatic Number-Plate Recognition (ANPR) yang ada di dalam ETLE bisa menyorot secara tepat tanpa ada kesalahan,” jelas Yusri, di Gedung NTMC Polri, Jumat (21/1/2022).

Lanjutnya, penggunaan chip berteknologi Radio Frequency Identification (RFID) juga akan dilakukan karena seperti halnya plat berwarna putih, yang memiliki banyak manfaat untuk masyarakat.

“Chip tersebut memang benar akan ada kedepannya, apalagi sekarang sudah revolusi 4.0. Chip ini memiliki kegunaan yang banyak sekali. Nanti chip ini memuat data kendaraan pribadi. Ada data penindakan bukti pelanggaran dan sebagainya. Kemudian bisa digunakan untuk E-toll dan parkir elektronik,” lanjut Yusri.

Penggunaan di jalan tol

Sementara itu, Yusri juga menambahkan, pihak kepolisian akan berkolaborasi dengan penyelenggara jalan tol untuk penggunaan e-toll. Ke depannya, jika kendaraan yang ingin masuk ke jalan bebas hambatan tersebut, jika jenis kendaraan dan platnya tidak sesuai, maka gerbang tol tidak akan terbuka.

“Ini semua tanpa membebani masyarakat, tanpa ada biaya. kami meminta dukungan sambil kita jalan pelan-pelan tahun ini untuk sosialisasi,” tegasnya.

Sebagai informasi, pelat nomor yang dipasangkan chip itu nantinya bakal terintegrasi dengan sistem elektronik yang akan digunakan untuk kebutuhan lain. Contoh, data-data dari kendaraan dan pemilik bisa terbaca oleh cip yang tertanam di pelat nomor, misal ketika bayar parkir, masuk tol dan lain sebagainya.

Jadi, jangan kaget kalau nanti di jalan banyak mobil yang blang-blonteng alias belang warnna pelat nomornya, karena memang lagi masa peralihan!

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )