Suasana Jalan di Jakarta Bisa Sepi Pekan Depan

Ilustrasi Gerbang Tol di Jakarta. (Jasa Marga)

Jakarta, AVOLTA – Mulai memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kondisi jalan di Jakarta dan kota lain di sekelilingnya, bisa lebih sepi pekan depan.

Alasanya, fakta data mencatat kalau ada 938.141 unit kendaraan sudah meninggalkan Jabotabek, tepatnya pada 17-22 Desember 2021. Perhitungan dilakukan berdasarkan angka akumulatif.

Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dalam keterangan resmi menyatakan, angka tersebut merupakan penjumlahan arus lalu lintas dari empat gerbang tol utama, yakni itu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,8% jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 870.371 kendaraan,” kata Dwimawan.

Jalan tol (Jasa Marga)

Dari seluruh kendaraan yang meninggalkan Ibu Kota dan sekitarnya, mayoritas adalah 432.320 kendaraan (46,1%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 288.658 kendaraan (30,8%) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 217.163 kendaraan (23,1%) menuju arah Selatan (Puncak).

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kondisi kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di rest area.

“Isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara,” kata Dwimawan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )