Pesanan Avanza dan Veloz Anyar Nyaris Dua Kali Lipat dari Target

All New Veloz menjelajahi Bali – dok.Avolta.id

Denpasar, Avolta – PT Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan generasi terbaru Toyota Avanza dan Toyota Veloz (yakni All New Avanza dan All New Veloz) pada 10 November lalu mematok target penjualan keduanya 8.000-an unit saban bulan. Ternyata, pemesanan yang mereka terima hampir dua kali lipat.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi mengatakan total pemesanan berupa Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang diterima TAM dari 10 November hingga 8 Desember (alias hampir sebulan) telah mencapai 14.000 unit.

“Jadi ini melebihi ekspektasi, bahkan hampir dua kali lipat dari target yang kita (tetapkan) di awal itu,” kata Anton di sela acara tes drive yang diikuti jurnalis otomotif nasional di Bali, Rabu (8/12/2021).

Tingginya permintaan – khususnya untuk tipe dan warna tertentu – dari dua model itu tentu berpengaruh ke proses produksi. Sebab, fakta penjualan tersebut membuktikan bahwa Veloz tipe Q TSS dan (Veloz maupun Avanza) warna putih merupakan tipe yang paling banyak dipesan.

Toyota All New Veloz saat dites untuk menjelajah destinasi wisata di Bali – dok.Avolta.id

Toyota All New Avanza di Bali -dok.Avolta.id

Lantaran itulah, sebut Anton, pihaknya berkoordinasi dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pihak yang memproduksi Veloz dan Avanza. “Jadi mereka aware mengenai tren terbaru. Jadi kita diskusi terus bagaimana mereka bisa adjust untuk warna maupun tipenya sesuai dengan permintaan yang ada di pesanan,” ujar Anton.

Dengan jumlah pesanan yang melimpah itu pula maka distribusi pengiriman pesanan ke sejumlah wilayah terlebih untuk tipe-tipe favorit itu. Untuk pengiriman ke konsumen di wilayah Bali dan Kalimantan misalnya, bisa mencapai dua sampai tiga bulan.

“Untuk diler di wilayah, masa inden tergantung tipe ya, ada yang dua bulan,” ucap Anton.

Tetapi secara umum untuk inden Avanza rata-rata hanya satu bulan. Maklum dilihat dari komposisi pesanan di total jumlah pesanan, porsi pesanan Veloz saat ini mencapai 65% – 70% dan sisanya 30% adalah Avanza.

Toyota All New Veloz saat dites untuk menjelajah destinasi wisata di Bali – dok.Avolta.id

“Ini kebalikan dari sebelumnya, di mana porsi Avanza mencapai 65% – 70%,” ungkap Vice President Director TAM, Henry Tanoto di sela tes drive dua mobil itu di Bali pada Selasa (7/12/2021).

Artinya, peminat Veloz kini jauh lebih banyak. All New Avanza disuguhkan dalam lima varian yang dibanderol Rp 206,2 juta – Rp 264, 4 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan All New Veloz yang dihargai Rp 251, 2 juta – Rp 292,8 juta OTR Jakarta disajikan dalam enam varian. (Llt)

CATEGORIES
TAGS