Seberapa Aman Toyota Raize Ketika Tabrakan

Toyota Raize di Jepang. dok. TOYOTA

Jakarta, Avolta – Salah satu pertanyaan konsumen ketika membeli mobil baru menyangkut aspek keamanan. One milion dollar question saat ini buat model yang baru meluncur adalah, seberapa aman Toyota Raize ketika tabrakan?

PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah resmi meluncurkan model terbaru Raize di Indonesia (30/4/2021). Sport utility vehicle (SUV) kompak ini menyasar ke kelas baru, segmen A di pasar domestik Tanah Air.

Meski kompak, Raize menawarkan sejumlah fitur canggih, bahkan dibandingkan SUV lain di kelas lebih besar. Mulai kelengkapan keselamatan sampai kenyamanan, plus mesin turbo yang relatif masih belum lazim bagi konsumen Indonesia.

Urusan keamanan, Raize sudah dites oleh Japan New Cars Assessment Programme (Japan NCAP), sejak  2020, ketika model ini meluncur di negara asalnya.

Hasilnya, cukup memuaskan, karena berhasil meraih nilai 85,7 poin dari nilai tertinggi 100 poin. Pengujian ini meliputi beberapa tes, mulai tabrak depan (frontal) dan samping, sampai keamanan pejalan kaki (pedestrian).

Baca juga: Produsen Motor Listrik Jepang Siap Serbu Pasar

Uji tabrak dari samping Toyota- Raize-dok.Istimewa

Artinya, mobil ini meraih nilai tertinggi alias rating lima bintang. Nilai tertinggi juga diraih Toyota Raize dalam uji tabrak yang digelar Asean NCAP belum lama ini. Pengujian oleh Asean NCAP dilakukan pada produk Perodua Ativa yang notabene Toyota Raize, karena diimpor oleh PT Astra Daihatsu Motor dalam wujud terurai (CKD) ke Malaysia.

Dalam uji tabrakan depan kecepatan 55 kpj dan perlindungan bagi pejalan kaki, Raize mendapatkann nilai hampir sempurna, 32 poin. Sementara, untuk perlindungan pada penumpang dewasa dengan nilai 37,48 poin dan untuk perlindungan penumpang anak-anak 17,36 poin.

Tes tabrak Perodua Ativa di Malaysia oleh Asean NCAP, notabene Toyota Raize. dok Asean NCAP

Raize telah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera serta Alarm dan Immobilizer.

Bahkan, tipe tertinggi – yakni 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS – dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini merupakan fitur keamanan aktif yang terdiri serangkaian fitur fungsional.

Mulai dari Pre-Collision System (PCS), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane serta Departure Alert (LDA). Selain itu Blind Spot Monitor (BSM) plus Rear Cross Traffic Alet (RCTA) hingga Pedal Misoperation Control. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )