Penyebab dan Solusi Headlamp Mobil Berembun

JAKARTA, AVOLTA – Kaca atau mika headlamp pada mobil terkadang sering berembun, terutama di pagi hari. Otomatis jika dibiarkan agan menggangu performa dari sistem pencahayaan tersebut, maka harus segera diatasi.

Sebelum menjabarkan mengenai solusi, tentunya harus tahu dulu penyebab mika pada lampu mobil bisa berembun. Faktornya ternyata banyak, bisa disebabkan karena perbedaan cuaca. Contoh, ketika selesai dicuci atau cuaca hujan maka terkadang kaca headlamp berembun.

“Tentunya ada karet-karet pada headlamp yang sudah tidak bagus lagi atau ada yang bocor sehingga berembun,” kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak saat dihubungi belum lama ini.

Oleh sebab itu, solusinya menurut Suparna jika terlalu sering muncul embun maka tidak menutup kemungkinan merambat ke rumah lampu dan harus di bongkar karena dikhawatirkan terjadi korslet.

Menurut dia, ada baiknya untuk melakukan perawatan atau perbaikan di area yang rusak. Bisa juga sekaligus membersihkan sealant dan menempelkannya kembali jangan sampai ada celah sehingga tidak ada celah dan berembun.

“Apabila belum bisa dibawa atau diganti maka bisa menghindari semprotan air dengan tekanan yang cukup tinggi di area headlamp,” tutur Suparna.

Langkah selanjutnya, bisa juga dengan cara mengeluarkan embun dari mika lampu dengan melepasnya searah jarum jam. Ketika mika sudah terlepas, langkah selanjutnya nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang.

Setelah itu, langsung keringkan dan bersihkan, lalu pasang kembali mika lampu dengan rapat jangan sampai timbul celah sedikitpun agar tidak berembun lagi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )