Konversi Vespa Klasik Jadi Listrik Buka Tren Modif Baru

Konversi Vespa Klasik Menjadi Listrik (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Tren yang sekarang ini lagi banyak digemari masyarakat, khususnya pecinta Vespa klasik, yaitu konversi ke listrik. Tidak sedikit yang melakukan langkah ini demi ikut peduli terhadap lingkungan dan tetap menjaga nuansa klasik dari Vespa.

Salah satu bengkel modifikasi yang gencar melakukan konversi ini, yaitu Elders Garage. Dalam beberapa waktu, giat mengedukasi dan mempromosikan Vespa klasik bermesin listrik kepada masyarakat Indonesia.

COO Elders Garage Steve mengatakan, model ini dipilih karena berbagai faktor. Mulai mesin bawaanya 2-tak, berisik, hingga komunitasnya di Indonesia begitu banyak sehingga menjadi peluang bisnis.

“Peminatnya begitu banyak, sampai kami membuat komunitasnya, dan sekarang sudah banyak orang yang melakukan konversi Vespa klasik menjadi listrik ini,” ungkap Steve ketika ditemui redaksi Avolta di pameran PEVS 2022 belum lama ini.

Steve menjelaskan, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan konversi ini terbilang cukup tinggi, namun secara kualitas bisa dijamin.

“Alasan mahal karena komponen baterainya, kita pakai Panasonic yang dipakai oleh produsen mobil listrik Tesla,” kata Steve.

Menurut dia, estimasi biaya konversi untuk kategori Speedster, yaitu bisa mencapai Rp 25.800.000. Vespa tersebut akan mendapatkan lithium ion 21700 72v 24Ah, dan bagian motor akan menggunakan electric V2 3KW disc brake.

Selanjutnya, disematkan controller electric square wave 80a yang menggunakan bluetooth untuk menyambungkan ke smartphone, kecepatan maksimal 75-80 km per jam, kecepatan rata-rata 60-70 km untuk eco mode, dengan durasi pengisian daya 5 jam sampai full.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )