Toyota Mulai Tes Transmisi Otomatis untuk GR Yaris

Pengujian GR Yaris (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Penggemar Toyota GR Yaris yang masih gagap pake transmisi manual, boleh jadi senang, karena Toyota mulai melakukan pengujian transmisi otomatis untuk hatchback terganasnya itu. Terdapat sejumlah perbedaan juga yang dilaporkan pada GR Yaris matik versi pengembangan ini.

Menurut Car Watch, gearbox otomatis yang dipakai di mobil tes tersebut berjenis torque converter dengan planetary gearset, dengan 8-percepatan.

Dalam pengembangan ini Toyota menunjuk Shigeru Hayakawa, Vice Chairman Dewan Direksi Toyota untuk menguji secara langsung. Bahkan petinggi pabrikan tersebut diminta untuk menggeber sekencang-kencangnya.

“Saya diberitahu kalau tidak apa-apa kalau sampai rusak. Saya sudah membuatnya rusak satu kali,” ucap Hayakawa.

Pilihan jenis transmisi tersebut diklaim lebih menekankan karakter perpindahan gigi yang halus dan singkat. Saat bersamaan, karakter tersebut ditujukan menjaga konsumsi bahan bakarnya tetap efisien.

Toyota memasang tuas transmisi otomatis di dalam kabinnya, berikut paddle-shifter di balik setir..

Selain itu, modifikasi atau ubahan lain yang dilakukan pada pengetesan GR Yaris matik, yaitu dibuat mengikuti spesifikasi reli.

Contoh, velg dibuat lebih ringan, ban gravel, dan mud flap. Namun, untuk di balik bonnet tidak disebut ada ubahan, tapi kemungkinan mesin tiga silinder 1.6 liternya tetap dibiarkan standar dengan tenaga 257 hp dan torsi 360 Nm.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )