Performa Mesin Jadi Maksimal Saat AC Mobil Mati

Ilustrasi sistem penyejuk ruangan (AC) pada mobil. (IST)

JAKARTA, AVOLTA – Anggapan yang selama ini beredar luar di kalangan masyarakat, yaitu jika tidak menggunakan pendingin ruangan alias AC (Air Conditioner), performa mesin mobil bisa menjadi maksimal. Tentunya ada pengguna mobil yang percaya dan juga tidak dengan ungkapan tersebut.

Lantas, apakah benar demikian? Menurut penjelasan dua ahli teknis agen pemegang merek (APM) otomotif di Indonesia, tidak menggunakan AC bisa meningkatkan performa mesin, tapi tidak terlalu signifikan.

Pertama penjelasan dari Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi. Menurut dia, mematikan AC saat berkendara bisa mempengaruhi perfoma mesin.

Tentunya ini disebabkan karena kompressor AC merupakan bagian yang digerakkan oleh belt dan berputar mengikuti putaran mesin. Apabila tidak diaktifkan maka otomatis akan mempengaruhi kinerja dari mesin mobilnya.

“Sehingga jika kompresor AC tidak berfungsi maka otomatis tenaga dari mesin tidak terbagi dan itu yang menjadikan performa mesin lebih optimal,” ungkap Bambang belum lama ini di Jakarta.

Kedua, penjelasan dari Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Dia mengungkapkan hal seperti itu, akan tetapi menurutnya tidak begitu signifikan.

Selama beban mobil tidak terlalu berat dan mesin mobil masih sanggup untuk melewati jalan dengan kondisi menanjak, AC mobil tidak harus dimatikan.

“Tentunya yang paling dibutuhkan saat melewati tanjakan sebenarnya adalah kemampuan dari pengemudi dalam mengemudikan mobilnya. Contoh saat melewati tanjakan, jalanan macet, maka pengemudi harus punya kemampuan yang baik, terutama mobil manual. Karena jika tidak dikhawatirkan mobil akan mundur,” ungkap Didi.

Menurut Didi, mobil transmisi manual lebih membutuhkan keterampilan mengemudi yang baik, berbeda dengan mobil matik yang sedikit lebih simpel. Sebab, pengoperasian mobil manual lebih sulit, harus menyeimbangkan antara pedal kopling dan gas.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )