Nissan Pamer Teknologi e-4ORCE dengan Semangkuk Ramen

Mobil listrik bergenre SUV dari Jepang, Nissan Ariya mulai dijual massal. (Nissan)

JAKARTA, AVOLTA – Nissan Motors belum lama ini mendemonstrasikan kenyamanan teknologi e-4ORCE pada SUV listrik Ariya. Produsen otomotif asal Jepang itu membuat miniatur baki teknologi e-4ORCE, kemudian menjadikanya penyaji makanan berkuah ramen.

Video tersebut menunjukkan bagaimana baki penyaji bermotor dengan teknologi e-4ORCE pada mobil listrik Nissan Ariya dengan cepat mengantarkan ramen. Teknologi itu mampu mempertahankan stabilitas tinggi saat penyajian semangkung hidangan mie penuh kuah panas tersebut.

“Dengan memanfaatkan respons kontrol motor e-4ORCE yang presisi, kami dapat mengontrol gerakan kendaraan segera setelah rem diinjak, memberikan pengendaraan yang stabil dan mulus kepada semua penumpang,” ungkap pemimpin ahli Divisi Powertrain dan EV Engineering Nissan Ryozo Hiraku dalam pernyataan Nissan yang dikutip Kamis (10/3/2022).

Percobaan tersebut menunjukkan bagaimana teknologi diterjemahkan menjadi manfaat mobil Nissan.

Suasana kabin Nissan Ariya, SUV listrik murni dengan dua motor. (Nissan)

Nissan menjelaskan e-4ORCE adalah teknologi pengendalian semua roda tercanggih dari Nissan untuk SUV listrik Nissan Ariya. Teknologi ini secara akurat mengelola output daya dan kinerja pengereman untuk kelancaran dan stabilitas.

Sistem ini meningkatkan kepercayaan diri pengemudi mobil Nissan saat menelusuri berbagai permukaan jalan. Insinyur Nissan menyempurnakan teknologi kontrol presisi e-4ORCE dan motor listrik kembar untuk memberikan kenyamanan berkendara bagi semua penumpang kendaraan Nissan.

Jarak dan kemiringan kendaraan, yang dapat menyebabkan mabuk perjalanan, diminimalkan melalui pengereman regeneratif motor depan dan belakang saat kendaraan melambat.

Lahir dari sejarah perusahaan yang kaya dalam mengembangkan kendaraan segala medan dan mobil sport, e-4ORCE Nissan dikembangkan dari sistem split torsi ATTESA E-TS Nissan GT-R dan sistem 4X4 cerdas dari Nissan Patrol.

Tampilan belakang SUV listrik Nissan Ariya. (Nissan)

Perlu diketahui bahwa huruf “e” dalam e-4ORCE merupakan singkatan dari 100 persen sistem penggerak motor listrik Nissan. “4ORCE” yang diucapkan sebagai kekuatan mengacu pada kekuatan fisik dan energi mobil. Sedangkan  “4” mewakili kontrol semua roda mobil Nissan Ariya.

SUV listrik Nissan Ariya menikung di jalan yang tertutup salju, misalnya, kendaraan dapat dengan tepat melacak jalur yang diinginkan pengemudi berkat motor presisi tinggi dan kontrol rem.

Teknologi ini menerapkan kontrol rem independen di keempat roda untuk memaksimalkan gaya menikung yang dihasilkan oleh masing-masing roda.

SUV listrik ini juga dilengkapi teknologi bantuan pengemudi yang telah dinikmati oleh ratusan ribu pengemudi Nissan di seluruh dunia, yakni e-Pedal yang pertama kali disematkan pada Nissan Leaf.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )