Lebih Banyak Rugi, Kalau Mobil Sering Parkir di Tempat Terbuka

Ilustrasi Parkir Mobil di Luar (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Ketika parkir mobil, sebaiknya di tempat yang atapnya tertutup, jangan sampai didiamkan begitu saja di area terbuka. Mungkin untuk jangka waktu pendek tidak masalah, yang jadi persoalan dilakukan rutin.

Kurun waktu enam bulan sampai satu tahun ke depan, mungkin mulai muncul permasalahan pada mobil yang sering parkir di area terbuka. Sebab, sering terkena pancaran sinar matahari langsung, dan air hujan ditambah kering dengan sendirinya bisa berdampak buruk pada eksterior dan interior.

Menurut Bambang Sulistiyanto, Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur, paling cepat bermasalah adalah bagian eksterior. Selain komponen seperti wiper menjadi cepat rusak karena karetnya kering, kualitas cat juga ikut menurun.

“Paling sering terjadi, warna putih menjadi ke kuning-kuningan, atau hitam menjadi sedikit pudar. Begitu juga warna yang lainnya,” tutur Bambang belum lama ini di Jakarta.

Belum lagi terkena kotoran binatang, atau bodi menjadi baret karena kena gesekan dari tangan jail manusia atau faktor lain. Apabila sering kejatuhan kotoran burung dan didiamkan begitu saja, maka akan sulit dibersihkan.

Parkir Mobil | www.jooinn.com

“Apalagi kena getah pohon, tentunya kalau didiamkan lama bisa berdampak buruk pada cat mobil,” kata Bambang lagi.

Bambang melanjutkan, kaca mobil juga punya potensi besar terkena jamur. Sebab, air hujan yang didiamkan kering begitu saja ditambah kena sinar matahari langsung bisa menyebabkan timbul jamur pada kaca. Akibatnya, visibilitas pengemudi menjadi terganggu.

Ilustrasi jamur di kaca mobil (Momobil.id)

Bukan Cuma eksterior, bagian interior juga akan bermasalah apalagi yang sifat komponennya terbuat dari karet. Akibat sering terkena sinar matahari dan air hujan, maka komponen-komponen dengan bahan utama karet seperti di daun pintu cepat getas.

“Belum lagi penurunan kualitas interior seperti dashboard, biasanya jika tidak tahan panas akan retak dan lain sebagainya. Kasus seperti itu sangat sering terjadi,” ungkap dia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )