Cara Menghindari Kaca Mobil Berjamur

Ilustrasi jamur di kaca mobil (Momobil.id)

JAKARTA, AVOLTA – Salah satu ketakutan pemilik mobil saat musim hujan seperti ini, yaitu kaca menjadi berjamur. Tapi jangan khawatir, karena apabila dirawat dan dibersihkan dengan benar maka permasalahan itu tidak akan terjadi.

Perlu diketahui, bahwa salah satu penyebab timbulnya jamur pada kaca mobil karena air yang menempel pada kaca dan kemudian mengering dengan sendirinya setelah terkena panas atau sinar matahari, sehingga akan berbekas seperti kerak yang menempel.

Kondisi yang kurang menyenangkan tersebut dapat diketahui dan dihindari melalui beberapa tips yang mudah dilakukan. Apabila tidak segera dibersihkan, tentu akan menghambat atau menggangu visibilitas sang pengemudi.

Pengemudi harus memastikan bahwa kaca mobil dalam keadaan bersih jika ingin mengidentifikasi tanda-tanda adanya jamur pada kaca mobil. Apabila jarak pandang sopir saat melihat objek lain pada malam hari kurang jelas, kondisi tersebut kemungkinan mengindikasikan bahwa kaca mobil berjamur.

Ilustrasi Kaca Mobil (ist)

Apabila ingin mengetahui secara langsung, sang sopir dapat mencuci mobil seperti biasa. Setelah bersih dan kering, pengemudi bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan melihat dan memperhatikan detail dari kaca mobil tersebut.

Apabila terdapat bercak-bercak putih yang terkesan menempel dan tidak hilang walaupun sudah dilap sampai bersih, maka itulah jamur kaca yang dapat menggangu jarak pandang pengemudi.

Air hujan mengandung pH cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil. Cara terbaik untuk menghindari munculnya jamur adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru terkena hujan dengan lap bersih.

“Langkah-langkah pencegahan kaca berjamur di atas dapat dilakukan secara mandiri. Namun, untuk perawatan yang lebih besar dan perawatan berkala, konsumen membawa mobilnya ke bengkel,” ujar Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menurut Hariadi, apabila kaca mobil terindikasi berjamur, pengemudi dapat menghilangkannya dengan menggunakan cairan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca.

Pembersih tersebut selain dapat menghilangkan bercak-bercak jamur pada kaca mobil, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi jernih kembali. Perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas baik dan tepat akan memberikan hasil yang optimal.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )