Jokowi Sebut Motor Listrik Punya Potensi Besar Berkembang

Presiden Jokowi mengunjungi PEVS 2024. (eventguide.id)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyempatkan hadir ke gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), Jumat (3/5/2024).

Pria yang akrab disapa Jokowi, ini mengatakan pameran kendaraan listrik yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini diikuti beragam peserta, dan motor listrik yang terbanyak, kemudian mobil listrik, dan juga bus serta truk listrik.

“Pameran kendaraan listrik saya lihat bagus sekali, yang banyak memang motor, kedua mobil, dan ada juga bis truk juga ada,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Jokowi menuturkan, saat ini di Indonesia ada sebanyak 59 produsen motor listrik, dengan kapasitas produksi sebesar 1,6 juta unit per tahun. Namun, hingga saat ini yang baru terpakai hanya sekitar 100 ribu unit.

“Artinya, masih ada peluang yang sangat besar sekali (untuk motor listrik),” tambah Jokowi.

Hasil prototipe konversi motor listrik PLN di PEVS 2023. (Avolta)

Selain itu, mantan Walikota Solo ini juga mengatakan, pada bulan depan, ada pabrik baterai di Indonesia yang sudah mulai beroperasi. Dengan begitu, langkah penting untuk mulai membangun ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air ini sudah bisa terealisasikan.

“Bulan depan itu yang namanya pabrik industri baterai sudah dimulai diproduksi sehingga kita harapkan ekosistem ini segera terbangun dan terbentuk,” tambah Jokowi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )