Toyota Hilux Mild Hybrid Meluncur di Eropa

JAKARTA, AVOLTA – Toyota akhirnya memperkenalkan generasi terbaru Hilux Hybrid 48V di Eropa. Pikap kabin ganda alias Dcab ini dibekali teknologi mild hybrid berpadu mesin diesel 2.8 liter andalan.

Lewat keterangan resmi Newsroom.toyota.eu, Senin (4/12/2023), mesin 2.8 L, DOHC, 16 katup, mampu menghasilkan tenaga hingga 204 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada1.600 rpm hingga 2.800 rpm. Berpadu dengan tenaga dari baterai lithium kecill 48 V dan generator motor yang mampu menyalurkan tenaga tambahan 16 Tk dan torsi 65 Nm ke mesin, untuk membantu akselerasi, tenaga, dan efisiensi.

Baterai ini tergolong kecil, bobot 7,6 kg, tersemat di bawah kursi jok belakang. Pengisian baterai masih menggunakan metode deselerasi, jadi enggak perlu ngecas.

Teknologi mild hybrid ini juga diklaim mampu membuat Toyota Hilux Hybrid 48 V ini lebih irit 5 % dibanding model sebelumnya.

Meski belum ada pernyataan resmi, generasi terbaru Fortuner bakal dibekali juga teknologi serupa, kabarnya meluncur 2024 mendatang.

Teknologi mild hybrid dipercaya Toyota paling pas untuk kendaraan multifungsi semacam Hilux. Medan yang beragam, sumber energi yang realtif terbatas, serta kebutuhan torsi yang besar di jalan off-road membuatnya ideal pakai teknologi yang disebut Toyota Hybrid 48V ini.

Dari segi desain, ubahan Hilux ini relatif minim dari generasi sebelumnya. Tapi, ada ragam pilihan fitur berkendara Multi Terrain Select, yakni Auto, Dirt, Sand, Mud, dan Deep Snow.

Toyota Hilux Hybrid 48V mulai dijual di Eropa, pertengahan 2024.

Untuk memahami kinerja teknologi mild hybrid 48 V ini, simak video resmi dari Toyota di bawah ini:

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )