Biaya Bikin Pelat Nomor Cantik Lis Biru Mobil Listrik

Pelat nomor mobil listrik pesanan khusus punya lis warna biru di samping. (Detik.com)

JAKARTA, AVOLTA  – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk kendaraan listrik berbeda dengan kendaraan konvensional. Pelat nomor mobil atau motor listrik, memiliki tanda khusus, yaitu lis biru di bagian bawah.

Dasar warna pelat nomor masih hitam, dengan tulisan putih, serta ditambahkan lis biru di bagian bawah angka dan huruf. Hal tersebut, sebagai pembedam dengan tujuan memudahkan identifikasi petugas kepolisian, karena kendaraan listrik murni memiliki beberapa keistimewaan, seperti bebas ganjil genap.

Namun, bagi pemilik kendaraan listrik bisa juga pelat nomor khusus atau cantik, yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf sesuai keinginan. Tujuannya, agar beda dari yang lain, dan menunjukan sisi personal si empunya kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Sambodo Purnomo Yugo, tarif pelat cantik kendaraan listrik, sama seperti pembuatan pada kendaraan konvensional, menyesuaikan Peraturan pemerintah Nomor 76 Tahun 2020.

TNKB Kendaraan Listrik (Ist)

Tarif paling murah Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan, mulai dari Rp5 juta hingga Rp20 juta.

Selain itu, terdapat perbedaan lis biru dari nomor pelat cantik ini. Jika yang biasa, lis biru terdapat di bawah, sedangkan yang khusus atau cantik ada di samping.

Berdasarkan Peraturan Polisi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, disebutkan pemilik bisa meminta pelat nomor cantik dan dikenakan penerimaan negara bukan pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Aturannya itu tertulis sejak November 2021, tetapi baru operasionalnya sekitar bulan Juni 2022 ini,” ujar Sambodo.

Daftar lengkap harga penerbitan pelat nomor cantik :

  • NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20 juta. Ada huruf di belakang Rp 15 juta
  • NRKB dua angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta. Ada huruf di belakang Rp 10 juta
  • NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10 juta. Ada huruf di belakang Rp 7,5 juta
  • NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7,5 juta. Ada huruf di belakang Rp 5 juta
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )