Toyota Fortuner Mild Hybrid Siap Meluncur dari Thailand

Fortuner Hybrid (headlight)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota dikabarkan bakal merilis Fortuner terbaru akhir 2022. Menariknya, Sport Utility Vehicle (SUV) versi anyar nanti akan tersedia pilihan mesin diesel berteknologi mild hybrid.

Informasi itu muncul dari pemberitaan media lokal Thailand, Headlightmag. All New Toyota Fortuner nanti akan dibangun menggunakan platform baru, yaitu TNGA-F dengan mesin diesel mild-hybrid.

Bukan hanya itu, Fortuner hybrid tersebut juga akan menggunakan mesin diesel 1GD 4 silinder DOHC 16 katup 2.800 cc dengan turbo yang sama seperti Fortuner 2.8 saat ini. Bedanya, akan tersedia pilihan teknologi mild-hybrid yang menggunakan alternator khusus.

Tentunya dengan penggunaan teknologi mild hybrid itu, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Fortuner terbaru menjadi lebih irit.

Cara kerja teknologi itu, yaitu mesin akan mati saat mobil berhenti. Bahkan, diklaim mampu mengurangi polusi saat akselerasi dan AC pun menggunakan daya baterai. Sistem mild-hybrid juga diklaim meningkatkan torsi pada rpm rendah.

Toyota meluncurkan varian baru New Fortuner dengan mesin diesel turbo lebih besar 1 GD berkapasitas 2.800 cc. (TAM)

Fortuner juga merupakan SUV yang banyak diminati di Indonesia. Apabila versi terbarunya di Thailand sudah meluncur, maka pasti akan dijual juga di pasar otomotif dalam negeri.

Perlu diketahui Bersama, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sendiri sudah mempersiapkan jalur khusus untuk memproduksi mobil hybrid. Diklaim sudah siap merakit mobil berteknologi hybrid yang dikabarkan model pertamanya, yaitu Innova Hybrid.

Model itu dikabarkan akan meluncur akhir tahun ini, dan perlu diketahui juga pabrik Toyota di Karawang sudah memiliki cabang jalur atau subline khusus mobil hybrid. Perubahannya tidak banyak, masih terintegrasi dengan mainline dengan produk yang sudah dijual di Indonesia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )