Kia Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik Multiguna di Korea Selatan

Kia EV6, jadi salah satu mobil listrik terlaris di Eropa. (Kia)

SEOUL, AVOLTA – Bukan hanya Hyundai, sang adik Kia juga makin serius untuk berbinis di pasar kendaraan listrik. Bahkan, pabrikan asal Korea Selatan ini siap membangun pabrik berteknologi tinggi yang digunakan untuk produksi Purpose Built Vehicles (PBVs) atau kendaraan listrik multiguna ramah lingkungan.

Pusat produksi baru yang cerdas ini, akan berlokasi di dalam pabrik Hwaseong Kia yang ada di Korea Selatan.

Berdasarkan informasi dari pernyataan resmi perusahaan, pabrik ini akan mulai dibangun pada semester pertama 2023, dengan target mulai produksi komersial pada paruh kedua 2025.

Pabrik tersebut awalnya akan mampu membangun 100 ribu PBV per tahun dengan kapasitas yang masih bisa ditingkatkan menjadi 150 ribu unit per tahun, seiring pertumbuhan pasar.

“Fasilitas PBV khusus ini, adalah salahs atu pilar utama strategi Plan S kami, karena Kia berusaha untuk mengkalim posisi teratas di pasar PBV global,” ujar Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia, Corporation.

Sementara itu, Kia akan mulai melakukan ekspansi pasar dengan model PBV turunan, sebelum kemudian memperluas kehadirannya dengan model PBV khusus yang dilengkapi dengan sistem mengemudi otonom.

Pabrik Kia ini, akan memproduksi kendaraan dengan proses otomatisasi canggih yang dikombinasikan dengan teknologi terkini, yang mampu mengurangi emisi karbon selama proses produksi. Selain itu, fasilitas ini juga akan dilengkapi dengan teknologi hemat energi untuk meminimalkan dampak lingkungan yang lebih lanjut.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )